Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada Materi Listrik Dinamis Jenjang SMP/ MTs

Hafiz Rizki, 180204020 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada Materi Listrik Dinamis Jenjang SMP/ MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada Materi Listrik Dinamis Jenjang SMP/ MTs] Text (Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET pada Materi Listrik Dinamis Jenjang SMP/ MTs)
Hafiz Rizki, 180204020, FTK, PFS, 082365680123.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Materi listrik dinamis merupakan materi yang membutuhkan praktik dalam memahaminya. Secara umum, peserta didik memandang materi listrik dinamis adalah materi yang sulit untuk dipahami karena membutuhkan praktikum untuk melakukan pengamatan, percobaan dan pengujian. Sehingga dibutuhkan media berbentuk video pembelajaran untuk memvisualkan konsep dan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) desain Video Pembelajaran berbasis Laboratorium virtual simulasi PhET dan (2) kelayakan Video Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Simulasi PhET. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah DDR (Design and Development Research) dengan model Alessi dan Trollip. Model ini terdiri dari 3 tahap yaitu Perencanaan (Planning), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Development). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan memperoleh skor rata-rata 92,25% dan berdasarkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 93,75% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Video Pembelajaran berbasis Laboratorium virtual simulasi PhET pada materi Listrik Dinamis Jenjang SMP/ MTs sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Laboratorium virtual, Simulasi PhET, Listrik Dinamis.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Hafiz Rizki Hafiz
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:41
Last Modified: 04 Apr 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27839

Actions (login required)

View Item
View Item