Analisis Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja (SMK3) Di Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh

Erizki, 150702114 (2022) Analisis Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja (SMK3) Di Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan  Kerja (SMK3)] Text (Analisis Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja (SMK3))
Erizki, 150702114, FST, TL, 085362978208.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh berlokasi di kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerapan SMK3 dan pembinaan yang dilakukan oleh DPKP dalam meningkatkan kepedulian pegawai terhadap masalah penerapan SMK3. Metode yang digunakan adalah metode stratified random sampling dengan strata (tingkatan) analisis unit kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK3 di DPKP telah melaksanakan manajemen K3, berdasarkan penerapan SMK3 dengan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012 tentang penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Hal ini juga dibuktikan dengan pihak DPKP yang selalu melakukan pembinaan, pelatihan, kesiagaan dan komitmen dalam menerapkan SMK3. Pelaksanaan pembinaan, pelatihan, dan kesiagaan yang dilakukan oleh DPKP adalah melaksanakan pelatihan terhadap petugas dan pembinaan agar meningkatkan pengembangan penerapan SMK3 kepada setiap petugas pemadam kebakaran. Hal ini untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Segala bidang pekerjaan apapun, maka penerapan sistem keselamatan dan kesehatan (SMK3) adalah yang utama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Erizki Erik
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:07
Last Modified: 04 Apr 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27840

Actions (login required)

View Item
View Item