Analisis Keadilan Upah Kinerja pada Daycare dengan Risiko Kerjanya dalam Perspektif Akad Ijârah ‘Alâ al-‘amâl (Studi Penelitian pada Daycare Bustan As-Sofa Kecamatan Syiah Kuala)

Amna Haiyah, 190102209 (2023) Analisis Keadilan Upah Kinerja pada Daycare dengan Risiko Kerjanya dalam Perspektif Akad Ijârah ‘Alâ al-‘amâl (Studi Penelitian pada Daycare Bustan As-Sofa Kecamatan Syiah Kuala). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Keadilan Upah Kinerja pada daycare dengan Risiko kerjanya dalam Perspektif akad Iijârah ‘alâ al-‘amâl (studi Penelitian pada daycare Bustan As-Sofa Kecamatan Syiah Kuala)] Text (Analisis Keadilan Upah Kinerja pada daycare dengan Risiko kerjanya dalam Perspektif akad Iijârah ‘alâ al-‘amâl (studi Penelitian pada daycare Bustan As-Sofa Kecamatan Syiah Kuala))
Amna Haiyah, 190102209, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Upah merupakan imbalan terhadap pekerjaan atau jasa yang dilakukan oleh para pekerja sesuai dengan permintaan pihak pemberi pekerjaan. Secara konseptual upah adalah objek dari akad ijârah ‘alâ al-‘amâl, para ulama telah membuat ketentuan secara spesifik mengenai upah. Namun dalam implementasinya pada Day care Bustan As-Sofa, pengupahan terhadap para pekerja belum efektif. Hal ini menjadi fokus kajian yang diformat dalam rumusan masalah yaitu bagaimana penetapan klasifikasi pekerja dan tingkat upahnya pada daycare Bustan As-Sofa, bagaimana kebijakan keadilan upah Day care Bustan as-Sofa terhadap klasifikasi pekerja berbeda dan bagaimana perspektif akad ijarah ‘ala al-‘amal tentang prinsip keadilan upah kinerja pada Day care Bustan as-Sofa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya bersifat deskriptif analisis. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daycare Bustan As Sofa tidak mengklasifikasikan pekerja berdasarkan skill nya, yang ditetapkan hanya syarat pekerja dan bentuk tugas dan pekerjaan yang ditetapkan dalam dua sitem kerja, half day dan full day serta tingkat upahnya disesuaikan dengan jam kerja. Daycare Bustan As Sofa juga memberlakukan kebijakan keadilan upah senilai Rp.5.000/jam, full day diupah Rp.50.000/hari dan half day Rp.25.000/hari. Dalam perspektif akad ijârah ‘alâ al-‘amâl tentang prinsip keadilan upah kinerja sudah sesuai jika dilihat dari syarat dan rukun yang ditentukan dalam fiqh muamalah, serta tingkat upah yang sesuai antara para pekerja..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Amna Haiyah Amna
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:02
Last Modified: 04 Apr 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27841

Actions (login required)

View Item
View Item