Evaluasi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Kapal Penumpang Aceh Hebat 2

Ronal Fitra, 150702093 (2022) Evaluasi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Kapal Penumpang Aceh Hebat 2. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Evaluasi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Kapal Penumpang Aceh Hebat  2] Text (Evaluasi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Kapal Penumpang Aceh Hebat 2)
Ronal Fitra, 150702093, FST, TL, 082276305876.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kapal penumpang merupakan kapal besar yang difungsikan untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak dan harus memenuhi persyaratan keselamatan kapal, pencegahan pencemaran perairan dari kapal, pengawakan, garis muat, pemuatan, kesejahteraan awak kapal, dan kesehatan penumpang, status hukum kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan K3 di kapal penumpang KMP Aceh Hebat 2 lintasan penyebrangan UleeLheue – Balohan Sabang dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi Penerapan Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) pada Kapal penumpang KMP Aceh Hebat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan pengisisian kuesioner. Hasil, penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di kapal penumpang KMP Aceh Hebat 2 berdasarkan Undang – undang Keselamatan Kerja N0. 1 Tahun 1970, pasal 12 b dan pasal 12 c belum menyediaakan semua alat keselamatan dan kesehatan kerja, perlengkapan keselamatan di kapal perlu di lengkapi. Poster, rambu-rambu dan akses informasi di kapal sudah tersedia dengan baik. Kesimpulan, penerapan K3 di penumpang sudah baik, akan tetapi harus dilakukan perlengkapan dan mengganti APD pekerja di kapal dalam beberapa aspek yang sudah tidak layak pakai dan di sesuai dengan peraturan tentang K3 di kapal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ronal Fitra Ronal
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:07
Last Modified: 04 Apr 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27844

Actions (login required)

View Item
View Item