Eksistensi Dayah Sebagai Penjaga Moral Umat Dalam Sejarah dan Masa Kini di Kabupaten Aceh Barat

M. Arif Idris, 30183839 (2022) Eksistensi Dayah Sebagai Penjaga Moral Umat Dalam Sejarah dan Masa Kini di Kabupaten Aceh Barat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Eksistensi Dayah Sebagai Penjaga Moral Umat Dalam Sejarah dan Masa Kini di Kabupaten Aceh Barat] Text (Eksistensi Dayah Sebagai Penjaga Moral Umat Dalam Sejarah dan Masa Kini di Kabupaten Aceh Barat)
9 FULL Pak Arif.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini tentang sejarah perkembangan Dayah di Aceh Barat dari masa lalu dan masa kini, dengan rumusan masalah dan tujuan bagaimana sejarah dan perkembangan, metode penguatan moral dan pola pembinaan moral umat di Kabupaten Aceh Barat. Penelitian yang digunakan adalah kualitif yang ditunjang dengan kuantitatif. Adapun lokasi dan sampel penelitian yaitu Dayah di Kabupaten Aceh Barat dengan teknik pengambilan sampel non probability sampel dengan format yang dipilih purposive sampling. Adapun sumber data dalam penelitian ini berkaitan dengan sejarah perkembangan Dayah, metode dan pola pembinaan moral. Untuk mendapatkan hasil penelitian peneliti melakukan wawancara dan pembagian angket. Analisis data penelitian melalui penumpulan, reduksi dan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yaitu lahirnya Dayah di Kabupaten Aceh Barat pada masa lalu dan sekarang berorientasi pada pembinaan dan penguatan ajaran Islam. Pembentukan moral dilakukan melalui pembiasaan, kajian dan praktik ilmu tasawuf. Pola pembinaan moral pengaran ilmu taswuf secara berkesinambungan diajarkan pada setiap tingkatan kelasnya. Adapun novelty penlitian ini adalah konsep pembinaan dan penguatan moral melalui tradisi pembelajaran di Dayah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Arif Idris Arif
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:30
Last Modified: 04 Apr 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27849

Actions (login required)

View Item
View Item