Tradisi Kenduri Pada Masyarakat Jawa Di Desa Sedie Jadi Kecamatan Bukit Bener Meriah

Nadhiratun Hayati, 150305027 (2020) Tradisi Kenduri Pada Masyarakat Jawa Di Desa Sedie Jadi Kecamatan Bukit Bener Meriah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Tradisi Kenduri Pada Masyarakat Jawa Di Desa Sedie Jadi Kecamatan Bukit Bener Meriah] Text (Tradisi Kenduri Pada Masyarakat Jawa Di Desa Sedie Jadi Kecamatan Bukit Bener Meriah)
Nadhiratun Hayati, 150305027, FUF, SA, 082161076417.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat Jawa merupakan salah satu masyarakat yang mempunyai kebudayaan dan tradisi, khususnya tradisi kenduri. Tradisi kenduri adalah sebuah acara syukuran atau selametan yang dihadiri oleh para tamu undangan seperti keluarga, tetangga, sanak saudara, kerabat dan apparatur desa. Desa Sedie Jadi salah satu desa yang didalamnya mayoritas masyarakat bersuku Jawa, dimana masyarakat Jawa tersebut masih menjunjung tinggi nilai-nilai dalam tradisi khususnya tradisi kenduri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Tradisi Kenduri Pada Masyarakat Jawa di Desa Sedie Jadi Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, motivasi masyarakat masih mempertahankan tradisi kenduri dan mengetahui nilai-nilai sosial yang terdapat dalam tradisi kenduri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi kenduri pada masyarakat Jawa di Desa Sedie Jadi Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah dilaksanakan di dua tempat yaitu di masjid atau disebut dengan kenduri kalender dan di rumah disebut dengan kenduri life cycle. motivasi dalam mempertahankan tradisi kenduri yaitu melestarikan adat, mendoakan keselamatan, menciptakan kesebersamaan dan antusia yang tinggi. Nilai-nilai sosial yang terdapat dalam tradisi kenduri yaitu mempererat kesatuan, menjadikan kerukunan, saling berbagi, sebagai ajang silaturrahmi, tolong menolong dan keharmonisan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.3 Islam dan Ilmu Sosial
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Nadhiratun Hayati Hayati
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:52
Last Modified: 04 Apr 2023 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27854

Actions (login required)

View Item
View Item