Transformasi Tradisi Akademik Islam dan Kontribusinya terhadap Resolusi Konflik Agama di Aceh

Mumtazul Fikri, .2030058202 (2016) Transformasi Tradisi Akademik Islam dan Kontribusinya terhadap Resolusi Konflik Agama di Aceh. Proceeding Ar-Raniry International Conference on Islamic Studies (ARICIS) – 1 Tahun 2016.

[thumbnail of Turnitin : Transformasi Tradisi Akademik Islam dan Kontribusinya terhadap Resolusi Konflik Agama di Aceh] Text (Turnitin : Transformasi Tradisi Akademik Islam dan Kontribusinya terhadap Resolusi Konflik Agama di Aceh)
9. TRANSFORMASI TRADISI AKADEMIK ISLAM DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP RESOLUSI KONFLIK AGAMA DI ACEH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Beberapa tahun terakhir ini telah terjadi kasus-kasus penting terkait kontestasi lintas mazhab Islam di Aceh. Kasus tersebut tidak dapat dianalisis sebagai fenomena sederhana, tetapi merupakan warisan sejarah dari konflik agama yang terjadi di Aceh sejak periode Kesultanan Aceh Darussalam hingga periode pasca tsunami dan konflik. Tulisan ini diawali dengan uraian fakta sejarah tentang khazanah keilmuan Islam di Aceh, sejarah konflik-konflik agama yang terjadi pada empat periode peradaban Islam di Aceh, dan transformasi tradisi akademik Islam serta kontribusinya terhadap resolusi konflik agama di Aceh. Tulisan ini merupakan hasil penelitian penulis yang menunjukkan bahwa, transformasi tradisi akademik Islam di Aceh terjadi dari sakral-literal ke profan-kontekstual. Adapun kontribusi tradisi akademik Islam terhadap resolusi konflik agama di Aceh sebagai berikut; (1) meredam pemberontakan terhadap Sultan pada periode kesultanan Aceh Darussalam;(2) mensyiarkan spirit jihad dan menjaga keteguhan iman orang Aceh pada periode penjajahan Belanda;(3) meredam potensi konflik melalui pengembangan kelembagaan dayah dan madrasah pada periode pasca kemerdekaan;(4) meredam potensi konflik melalui pengembangan kelembagaan dan media multimedia pada periode pasca tsunami-konflik.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mumtazul Fikri Fikri
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:43
Last Modified: 10 Apr 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27872

Actions (login required)

View Item
View Item