Pengelolaan Program Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Anak di SMP PKPU Neuheun Aceh Besar

Mumtazul Fikri, .2030058202 (2023) Pengelolaan Program Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Anak di SMP PKPU Neuheun Aceh Besar. Jurnal Intelektualita, Vol. 6, No. 2, 2018.

[thumbnail of Turnitin : Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Smp Pkpu Neuheun Aceh Besar] Text (Turnitin : Pengelolaan Program Tahfidz Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Smp Pkpu Neuheun Aceh Besar)
11. Pengelolaan Program Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Anak di SMP PKPU Neuheun Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dalam pengelolaan program tahfidz, kepala sekolah sangat berperan penting dalam menjalankan program tahfidz, dan bisa mewujudkan karakter siswa yang islami. Sekolah SMP PKPU Neuheun Aceh Besar berbeda dengan sekolah lainnya di mana sekolah ini memiliki program unggulan yaitu program tahfidz, di mana setiap harinya mengadakan tahfidz Al-Qur‟an, semua siswa mampu menghafal sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah, dan karakter siswa setelah mengikuti program tahfidz sudah semakin membaik. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengelolaan program tahfidz, metode, faktor pendukung, dan penghambat program tahfidz dalam pembentukan karakter anak di SMP PKPU Neuheun Aceh Besar. Bentuk penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, 2 orang guru bidang tahfidz, 2 orang siswa hafidz Qur‟an 12 juzdan 3 juz. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pengelolaan program tahfidz dalam pembentukan karakter anak di SMP PKPU Neuheun Aceh Besar, secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, adapun pelaksanaannya meliputi (1) perencanaan; (2) pengorganisasian; (3) pengarahan; (4) pemantauan program tahfidz. kedua, metode menghafal Al-Qur‟an yang diterapkan yaitu (1) metode tahfidz; (2) metode takrir; (3) metode tartil. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat program tahfidz, faktor pendukung yaitu (1) faktor lingkungan sosial; (2) Al-Qur‟an yang di sediakan pihak sekolah untuk menghafal; (3) tersedianya kelas untuk kegiatan tahfidz; (4) adanya guru tahfidz. Faktor penghambat yaitu (1)sifat malas yang timbul dari siswa; (2) kurangnya kelas untuk kegiatan tahfidz; (3) kekurangan guru tahfidz.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mumtazul Fikri Fikri
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:44
Last Modified: 10 Apr 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27874

Actions (login required)

View Item
View Item