Implementasi Konsep Samara Dalam Keluarga Hakim (Studi Mahkamah Syari’ah Banda Aceh)

Mahyul Muna, 190101071 (2023) Implementasi Konsep Samara Dalam Keluarga Hakim (Studi Mahkamah Syari’ah Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Implementasi Konsep Samara Dalam Keluarga Hakim (Studi Mahkamah Syari’ah Banda Aceh)] Text (Implementasi Konsep Samara Dalam Keluarga Hakim (Studi Mahkamah Syari’ah Banda Aceh))
Mahyul Muna, 190101071, FSH, HK, 082240650496.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Konsep sakinah adalah rasa aman, tenang dan damai yang harus ada dalam setiap rumah tangga. Sakina dapat dengan mudah dicapai jika suatu keluarga tinggal di tempat yang sama. Namun hakim adalah pegawai pemerintah yang dalam SK KMA NO. 48/KMA/SK/II/2017 disebutkan harus menjalani mutasi agar mendapatkan promosi, sehingga mengakibatkan hakim sering jauh dengan keluarganya. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan penelitian. Pertama, bagaimana pandangan hakim Mahkamah Syari’ah Banda Aceh terhadap ilmplementasi konsep sakinah dalam situasi pernikahan jarak jauh. Kedua, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi konsep sakinah dalam pernikahan jarak jauh. Ketiga, bagaimana upaya hakim mutasi Mahkamah Syari’ah Banda Aceh untuk mengimplementasikan konsep sakinah dalam situasi pernikahan jarak jauh. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, menurut hakim Mahkamah Syari’ah Banda Aceh sakinah merupakan rasa tentram, tenang, damai dan bahagia yang dirasakan dalam keluarga. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi keluarga sakinah dalam pernikahan jarak jauh terutama keluarga hakim meliputi: kesepahaman dan kesepakatan pada satu prinsip dan tujuan; komunikasi yang intens dan terjaga; pemahaman terhadap ilmu agama; tingkat kepercayaan pada pasangan; stabilitas ekonomi; anak; serta perangai bawaan. Ketiga, upaya hakim mutasi Mahkamah Syari’ah Banda Aceh untuk menerapkan keluarga sakinah dalam situasi pernikahan jarak jauh meliputi: menjaga komunikasi secara intens; mengusahakan pulang sesering mungkin; menjaga kebutuhan ekonomi keluarga; menimalisir masalah rumit; mencoba memahami kebutuhan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Mahyul Muna
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:41
Last Modified: 05 Apr 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27876

Actions (login required)

View Item
View Item