Maimunah, 201121708 (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh pada Pelajaran PKN melalui Media Gambar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.
Maimunah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa terhadap penerapan media gambar pada materi peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah dikelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh. (2). Apakah penggunaan media gambar dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah dikelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes awal dan tes akhir. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Tes multiple choice digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I 85% kemudian pada siklus II menjadi 96%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 77% dan pada siklus II menjadi 95%. Penggunaan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Drs. Ridhwan M. Daud, M. Ed 2. Hafidh Maksum, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar dan Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Marlini Abdurrahman |
Date Deposited: | 09 Mar 2018 08:22 |
Last Modified: | 09 Mar 2018 08:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2788 |