Pengaruh Penggunaan Simulasi Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Momentum di Kelas Xi SMA 5 Banda Aceh

Nailis Sa’adah, 251222829 (2017) Pengaruh Penggunaan Simulasi Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Momentum di Kelas Xi SMA 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa)
NAILIS SA’ADAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa guru dan siswa, terlihat bahwa proses pembelajaran di SMAN 5 Banda Aceh sudah berlangsung baik, namun ada beberapa hal yang masih kurang seperti pada pemanfaatan media pembelajaran terutama pada konsep Momentum, sehingga membuat siswa kurang tertarik untuk belajar, hal ini berpengaruh pada Nilai Ketentuan Ketuntasan Materi (KKM) yang masih dibawah standar rata-rata (75). Oleh karena itu peneliti memanfaatkan media pembelajaran Simulasi Interaktif yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep dan materi pembelajaran secara lebih optimal. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Simulasi Interaktif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep Momentum di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh dan (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Simulasi Interaktif di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif/statistik. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan angket. Setelah dilakukan penelitian maka hasil yang diperoleh adalah nilai rata-rata post test siswa kelas eksperimen adalah 84,17, sedangkan kelas kontrol adalah 61,5, hal ini berarti thitung > t1/2α (6.15 > 2.00), maka Ha diterima pada taraf signifikan α = 0.05, artinya adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Simulasi Interaktif pada konsep Momentum di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Berdasarkan respon siswa diketahui bahwa presentase tanggapan siswa yang menjawab sangat setuju adalah 60,11% sedangkan yang menjawab setuju 36,89%, dan yang menjawab tidak setuju hanya 3,00%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Simulasi Interaktif pada konsep Momentum dapat menarik dan memberi semangat dalam belajar sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. M. Chalis, M. Ag 2. Fera Annisa M. Sc
Uncontrolled Keywords: Simulasi Interaktif , Hasil Belajar, Momentum
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 09 Mar 2018 08:29
Last Modified: 09 Mar 2018 08:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item
View Item