Desain Dan Implementasi 3d Pada Osteologi Ikan Keureling (Tor Tambroides) Menggunakan Aplikasi Blender

Muhammad Firdaus, 180705019 (2023) Desain Dan Implementasi 3d Pada Osteologi Ikan Keureling (Tor Tambroides) Menggunakan Aplikasi Blender. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Desain Dan Implementasi 3d Pada Osteologi Ikan Keureling (Tor Tambroides) Menggunakan Aplikasi Blender] Text (Desain Dan Implementasi 3d Pada Osteologi Ikan Keureling (Tor Tambroides) Menggunakan Aplikasi Blender)
Muhammad Firdaus, 180705019, FST, TI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tiga dimensi atau (3D) merupakan representasi gambar yang memiliki tinggi, lebar dan kedalaman. 3D merupakan sebuah proses untuk melahirkan suatu objek yang ingin diwujudkan baik dari segi bentuk, tekstur, dan ukurannya. Osteologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang struktur tulang pada mahkluk hidup, dalam ilmu kedokteran Osteologi juga sering diartikan sebagai anatomi pada mahkluk hidup, seperti manusia, hewan darat, dan hewan air. Ikan Keureling atau dengan nama latin (Tor tambroides) merupakan ikan yang tersebar hampir diseluruh bagian Indonesia. Blender merupakan sebuah software yang open source terbuka 3D yang bisa digunakan untuk membuat media 3D interaktif, seperti video permainan, animation, dan visual effect. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain kerangka ikan keureling kedalam bentuk media 3D (Tiga Dimensi) menggunakan aplikasi Blender . Penelitian ini, dalam proses validasinya melibatkan delapan orang validator dengan masing – masing empat orang ahli untuk media dan empat ahli untuk materi. Hasil dari penelitian ini adalah 3D dari osteologi ikan keureling yang sudah divalidasi oleh ahli media dengan skor 97,5% dengan kriteria sangat layak. Demikian juga hasil dari lembar validasi ahli materi memperoleh skor 88% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 3D Osteologi Ikan Keureling yang didesain menggunakan aplikasi Blender sudah sangat layak diimplementasikan sebagai media pembelajran interaktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Firdaus Firdaus
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:04
Last Modified: 06 Apr 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27894

Actions (login required)

View Item
View Item