Perlindungan Konsumen Karena Kelalaian Petugas Pencatat Meteran Listrik Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Tagihan Menurut Fiqh Mu’amalah (Suatu Penelitian Di PT. PLN (Persero) UP3 Cabang Merduati Banda Aceh)

Siti Nazla Mustafa, 190102021 (2023) Perlindungan Konsumen Karena Kelalaian Petugas Pencatat Meteran Listrik Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Tagihan Menurut Fiqh Mu’amalah (Suatu Penelitian Di PT. PLN (Persero) UP3 Cabang Merduati Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perlindungan Konsumen Karena Kelalaian Petugas Pencatat Meteran Listrik Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Tagihan Menurut Fiqh Mu’amalah (Suatu Penelitian Di PT. PLN (Persero) UP3 Cabang Merduati Banda Aceh)] Text (Perlindungan Konsumen Karena Kelalaian Petugas Pencatat Meteran Listrik Dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Tagihan Menurut Fiqh Mu’amalah (Suatu Penelitian Di PT. PLN (Persero) UP3 Cabang Merduati Banda Aceh))
Siti Nazla Mustafa, 190102021, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perlindungan konsumen merupakan segala upaya yang menjamin kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen dalam memenuhi segala kebutuhan hidup. Terutama atas kerugian yang dialami karena penggunaan suatu produk barang dan/atau jasa. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai perlindungan konsumen yang disebabkan karena kelalaian petugas pencatat meteran listrik sehingga mempengaruhi nilai tagihan yang harus dibayar oleh konsumen, adapun nilai tagihan tersebut tidak sesuai dengan pemakaian daya listrik setiap bulannya sehingga konsumen harus membayar lebih dari daya pemakaian. PT. PLN bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh konsumen dengan memberikan gantirugi berupa kompensasi kepada konsumen. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pertanggungjawaban pihak PLN terhadap kelalaian dari petugas pencatat meteran listrik, dan tinjauan fiqh mu’amalah terhadap perlindungan konsumen karena kelalaian petugas pencatat meteran listrik yan dilakukan oleh manajemen PLN. Objek kaijian dalam penelitian ini adalah pihak PT. PLN UP3 Cabang Merduati dan konsumen selaku pelanggan PLN. Dalam penelitian ini penulis meggunakan 2 macam tahapan teknik pengumpulan data yaitu : 1) wawancara; 2) dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Pertama PLN bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh konsumen dengan melakukan ganti rugi berupa kompensasi kepada konsumen yang mengalami kerugian, dan memberikan kemudahan dalam pengaduan oleh pelanggan dengan menyediakan layanan pengaduan baik secara langsung di UP3 PLN, call center 123 dan PLN Mobile. Kedua, tinjauan fiqh mu’amalah terhadap perlindungan konsumen karena kelalaian petugas pencatat meteran listrik yang dilakukan oleh Manajemen PLN dapat dilihat dengan adanya hak khiyar dalam perlindungan konsumen sebagai bentuk perlindungan dan menghindari konsumen dari kerugian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nazla Mustafa Nazla
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:11
Last Modified: 06 Apr 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27898

Actions (login required)

View Item
View Item