Aktivitas Dakwah Felix Y. Siauw Pada Media Sosial Twitter

Isnawati, 411307068 (2018) Aktivitas Dakwah Felix Y. Siauw Pada Media Sosial Twitter. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengenai tentang Media Dakwah, Metode Dakwah)
ISNAWATI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FORM B DAN D.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diberi judul “AKTIVITAS DAKWAH FELIX Y. SIAUW PADA MEDIA SOSIAL TWITTER”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan internet yang begitu pesat dan diikuti oleh jejaring sosial, dimana kita bisa menemukan berbagai konten yang diposting oleh pengguna internet/netter, banyak kalangan yang sangat megandrungi dunia maya ini. Dengan demikian, Perkembangan teknologi ini menjadi jalan bagi para da’i untuk memanfaatkannya sebagai media untuk menyampaikan materi dakwah. Selain itu juga merupakan salah satu cara berinovasi dalam berdakwah, dan mengikuti perkembangan teknologi. Penelitian ini meneliti tentang (1) bentuk dan model dakwah Felix Y. Siauw pada media sosial twitter dan (2) pesan dakwah apa saja yang disampaikan Felix Y. Siauw pada media sosial twitternya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dari tweet-tweet yang di posting Felix Y. Siauw pada media sosial twitternya @felixsiauw, mulai dari tanggal 1 Februari sampai 28 Februari 2017. Teori yang digunakan adalah teori cybercommunity yaitu tentang kelompok sosial yang berkembang didalam dunia maya, bagaimana terciptanya kelompok-kelompok, bagaimana komunikasi kelompok, dan bagaimana sebuah media kelompok di dunia maya merekontruksi pesan penggunanya. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bentuk dakwah Felix Y. Siauw adalah dakwah Bil Qalam yaitu menyampaikan dakwah dengan tulisan atau menulis postingan pada twitter, sedangkan model dakwah Felix Y. Siauw adalah dakwah bermedia, yaitu menggunakan twitter sebagai media penyampaian materi dakwah. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dengan 38 postingan pesan dakwah yang menjadi sampel, pesan dakwah katagori akhlak merupakan yang terbanyak dengan jumlah postingan 20 tweet, dan disusul pesan dakwah katagori akidah sebanyak 10 tweet, dan yang terakhir pesan dakwah katagori syariah sebanyak 8 tweet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Hendra Syahputra., MM; 2. Arif Ramdan S.Sos.I., MA
Uncontrolled Keywords: Model Dakwah, Media Sosial, Pesan Dakwah, Felix Siauw, Twitter
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Isnawati Suriani
Date Deposited: 13 Mar 2018 03:37
Last Modified: 13 Mar 2018 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2791

Actions (login required)

View Item View Item
TOP