Lubang Hitam Sebuah Pengantar Populer

Misbahul Jannah, 2004038203 (2023) Lubang Hitam Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Learning Center Malang Vol. 26 No. 3 2019. ISBN : 978-623-6591-00-0.

[thumbnail of Turnitin Buku : Lubang Hitam Sebuah Pengantar Populer] Text (Turnitin Buku : Lubang Hitam Sebuah Pengantar Populer)
1. AQSA DKK (BUKU).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Ilmu kosmologi merupakan ilmu yang paling unik dan menarik, kosmologi berasal dari bahasa yunani, yaitu kosmos yang berarti dunia, dan logos berarti ilmu. Kosmologi adalah ilu yang mempelajari tentang struktur dan sejarah alam semesta berskala besar. Seperti planet-planet, bintang, galaksi serta benda-benda langit lainnya. Black hole adalah salah satunya. Tak seperti namanya, lubang hitam memiliki kekuatan gravitasi yang sangat besar, kekuatan menarik sesuatu benda ke dalam lubang yang sangat kuat, bahkan cahaya tidak bisa melewati daerah sentral black hole. Black hole merupakan sebuah lubang hitam yang terbentuk dari bintang yang telah mati dan sebagian terbentuk dari tabrakan bintang dengan lubang hitam itu sendiri. Belum lama ini, dunia dikejutkan dengan penemuan gambar asli pertama black hole (sebenarnya bayangan black hole), yang ditemukan oleh Katie Bowman, seorang ilmuwan komputer berusia 29 tahun, mahasiswa pasca sarjana MIT yang mengembangkan algoritma yang menyatukan data dari teleskop Event Horizon. Fenomena luar angkasa ini merupakan pemusatan massa dari kelengkungan ruang dan waktu dengan gravitasi yamg sangat kuat. Fenomena ini menyebabkan semua benda disekitarnya terhisap dengan kuat kedalam nya. Semua benda yang masuk kedalam lubang hitam, akan mengalami pergeseran ruang dan waktu. Bisa jadi benda yang masuk kedalam lubang hitam akan mengalami perlambatan waktu, artinya benda tersebut bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya atau melebihi kecepatan cahaya. Beberapa teori mengatakan bahwa benda yang masuk tersebut bisa mengakses ruang 5 Dimensi, yaitu masa lalu dan massa depan. Ada juga teori mengatakan benda yang masuk kedalam lubang hitam akan terbakar dan tak bisa kembali lagi.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misbahul Jannah Misbah
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:39
Last Modified: 12 Apr 2023 09:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27930

Actions (login required)

View Item
View Item