Metode Melatih Anak Berpuasa Bagi Pemula.

hayati, 2002026804 (2023) Metode Melatih Anak Berpuasa Bagi Pemula. Jurnal Serambi Tarbawi Vol 4, No 1 (2016): P-ISSN: 2723-1143 E-ISSN 2303-2014.

[thumbnail of Turnitin : Metode Melatih Anak Berpuasa Bagi Pemula.] Text (Turnitin : Metode Melatih Anak Berpuasa Bagi Pemula.)
Hayati - METODE MELATIH ANAK BERPUASA BAGI PEMULA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan kepada setiap muslim, Tanggung jawab mendidik dan melatih anak berpuasa dibebankan kepada kedua orang tua, karena orang tua lah pendidik pertama yang memperkenalkan kewajiban-kewajiban ibadah wajib kepada anaknya sejak usia dini. Melatih anak berpuasa memerlukan cara atau metode yang tepat, sehingga ibadah puasa itu tidak terkesan sebuah pemaksaan kepada anak. Diantara metode tersebut adalah: memperkenalkan apa itu puasa dengan cerita yang menyenangkan dan keistimewaan orang-orang yang berpuasa, melatih anak berpuasa dengan ukuran, 1, 2, 3 jam atau setengah hari, kemudian baru berbuka, memberikan asupan gizi yang sehat kepada anak, mengingat anak memerlukan energi untuk pertumbuhan dan perkembangannya, memberinya hadiah. Kedatangan bulan Ramadhan sebagai bulan latihan bagi anak-anak, merupakan waktu yang tepat untuk memasukkan nilai-nilai akhlak kepada mereka, seperti sikap jujur (tidak berbohong), dermawan, disiplin, tanggungjawab, dan sabar serta pemaaf. Setelah anak menunjukkan niatnya untuk berpuasa, berikan lah penghormatan dan rasa syukur kepada Allah bahwa anak kita mampu menjalankan puasa walaupun hanya setengah hari atau beberapa jam saja. Namun dorongan untuk terus melakukan puasa yang sempurna terus dilakukan, sampai usia anak benar-benar telah siap menjalankan puasa secara penuh.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hayati Hayati
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:58
Last Modified: 18 Apr 2023 07:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27932

Actions (login required)

View Item
View Item