Pendidikan Orang Tua (Sebuah Pendekatan Memahami Anak)

Hayati, 2002026804 (2023) Pendidikan Orang Tua (Sebuah Pendekatan Memahami Anak). Jurnal Serambi Tarbawi Vol 3, No 1 (2015): P-ISSN: 2723-1143 E-ISSN 2303-2014.

[thumbnail of Turnitin Jurnal : Pendidikan Orang Tua (Sebuah Pendekatan Memahami Anak)] Text (Turnitin Jurnal : Pendidikan Orang Tua (Sebuah Pendekatan Memahami Anak))
Hayati - PENDIDIKAN ORANG TUA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Menjadi orang tua merupakan sebuah sunnatullah yang berlaku umum bagi setiap manusia, namun bekal menjadi orang tua memerlukan segudang ilmu, agar orang tua dapat menjadi teladan dan figur bagi anak cucunya kelak, namun tidak semua orang tua mampu menyiapkan dirinya sebagai orang yang ditiru dan digugu, banyak orang tua berpedoman kepada pendidikan mereka yang diterimanya dari orang tuanya tempo dulu, padahal tidak semua ilmu yang diperoleh dari orang tua dulunya cocok untuk diterapkan kepada anak mereka saat ini dan akan datang, karena zaman terus berkembang dan berubah. Di samping itu banyaknya terjadi konflik antar anak dan orang tua, karena masing-masing mereka tidak memiliki persepsi yang sama dalam mengatasi masalah. Tujuan pendidikan orang tua adalah untuk membuat orang tua lebih sadar akan peran dan kinerjanya dalam menjalankan keluarganya, membuat orang tua lebih mandiri dan kreatif dalam menjalani kehidupannya. Pedoman yang dipraktekkan Rasullullah sebagai orang tua teladan, cukup menjadi bekal bagi orang tua saat ini dalam mendidik anaknya. Sehingga mendidik anak dengan pendekatan-pendekatan yang baik akan memberi nilai tersendiri yang membuktikan bahwa orang tua sebagai pemegang amanah dan tanggung jawab terhadap anak.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hayati Hayati
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:58
Last Modified: 18 Apr 2023 07:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27933

Actions (login required)

View Item
View Item