Perilaku Manajerial Berkarakter Di Sekolah

Hayati, 2002026804 (2023) Perilaku Manajerial Berkarakter Di Sekolah. Jurnal Serambi Tarbawi Vol 3, No 2 (2015): P-ISSN: 2723-1143 E-ISSN 2303-2014.

[thumbnail of Turnitin Jurnal : Perilaku Manajerial Berkarakter Di Sekolah] Text (Turnitin Jurnal : Perilaku Manajerial Berkarakter Di Sekolah)
Hayati - PERILAKU MANAJERIAL BERKARAKTER DI SEKOLAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perilaku manajerial berkarakter di sekolah merupakan keniscayaan, karena sekolah merupakan lembaga yang paling refresentatif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada semua warga sekolah. Perilaku manajerial di sekolah terbentuk dari perilaku dasar individu yang ada di sekolah tersebut. Agar semua perilaku ini dapat menyatu dan diterima oleh semua komunitas sekolah perlu aturan dan arahan yang jelas sebagaimana tertuang dalam setiap visi misi sekolah. Untuk memberi arahan yang jelas tersebut, perlu seorang top manajer yang berperan sebagai pembimbing, pengarah dan pengawas semua perilaku manajerial di sekolah. Untuk memudahkan kepala sekolah, perlu sistem dan gaya kepemimpinan yang dapat diterima oleh semua pihak. Salah satu sistem yang paling baik untuk diterapkan adalah sistem manajerial kooperatif. Artinya pimpinan dan bawahan mampu secara bersama-sama mengemban tugas di sekolah, jika hendak mengambil keputusan maka pimpinan tidak bertindak otoriter melainkan menerima pendapat dari berbagai pihak termasuk dari bawahannya. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan akibat keputusan yang diambil. Perilaku manajerial berkarakter ini dapat dilihat dari: ketaatan seorang pemimpin, kejujuran, disiplin, tanggung jawab, toleransi, adil, mementingkan kepentingan bersama dan suka bermusyawarah.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hayati Hayati
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:58
Last Modified: 18 Apr 2023 07:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27934

Actions (login required)

View Item
View Item