Peran Dosen Dalam Mengembangkan Semangat Entrepreneurship Di Kalangan Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh.

Hayati, 2002026804 (2023) Peran Dosen Dalam Mengembangkan Semangat Entrepreneurship Di Kalangan Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Jurnal Serambi Tarbawi Vol 6, No 2 (2018): P-ISSN: 2723-1143 E-ISSN 2303-2014.

[thumbnail of Turnitin Jurnal : Peran Dosen Dalam Mengembangkan Semangat Entrepreneurship Di Kalangan Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh.] Text (Turnitin Jurnal : Peran Dosen Dalam Mengembangkan Semangat Entrepreneurship Di Kalangan Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh.)
Hayati - PERAN DOSEN DALAM MENGEMBANGKAN SEMANGAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kegiatan akhir-akhir ini yang sedang digalakkan di lingkungan kampus adalah entrepreneurship. Tujuan entrepreneurship ini menghasilkan lulusan yang memiliki bekal dan kemampuan dalam mengembangkan usaha terutama dalam meningkatkan taraf ekonomi, mengatasi pengangguran, menciptakan lapangan kerja baru dan menggali potensi diri agar tidak memiliki sifat malas, pesimis, mudah putus asa, bergantung pada orang lain dan pasif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan kuantitatif (mix method). Secara kualitatif peneliti menemukan data dari prilaku yang diamati melalui observasi, angket, dan wawancara. Sedangkan dalam penelitian kuantitatif penulis mengajukan daftar pernyataan yang harus diisi oleh responden dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian menunjukkan peran dosen dalam mengembangkan semangat entrepreneurship di kalangan mahasiswa Universitas Serambi Mekkah masih sangat minim, dosen program studi yang telah berhasil sampai pada tingkat hak paten hanya 1 (satu) prodi, yaitu prodi kimia, dengan produk cilimengnya yang telah menembus hak paten dan telah dipasarkan di luar Aceh, seperti Jakarta dan Kalimantan, menyusul prodi teknik industri, yaitu frescare aroma terapi yang sudah siap dijual dalam bentuk kemasan dan teknologi hasil pertanian dengan pengolahan ikan dan abon ikan, serta hasil pertanian. Selain itu produk yang telah dihasilkan dosen dan mahasiswa masih sangat sedikit.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Depositing User: Hayati Hayati
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:57
Last Modified: 18 Apr 2023 07:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27935

Actions (login required)

View Item
View Item