Penerapan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) dan Dampaknya Terhadap Prilaku Kedisiplinan Dalam Bertugas

Hayati, 2002026804 (2023) Penerapan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) dan Dampaknya Terhadap Prilaku Kedisiplinan Dalam Bertugas. Jurnal Kinerja Kependidikan. Vol 2, No 4 (2020): JKK. Hal. 176-189. P-ISSN: 2715-7423 E-ISSN 2715-7741.

[thumbnail of Turnitin Jurnal : Penerapan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) dan Dampaknya Terhadap Prilaku Kedisiplinan Dalam Bertugas] Text (Turnitin Jurnal : Penerapan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) dan Dampaknya Terhadap Prilaku Kedisiplinan Dalam Bertugas)
Hayati - Penerapan Kode Etik Guru Indonesia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) pada SMAS Bina Bangsa, 2) Untuk mengetahui tingkat kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas keprofesian pada SMAS Bina Bangsa, 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) terhadap kedisiplinan guru pada SMAS Bina Bangsa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Assosiatif, penelitian ini dilaksanakan di SMAS Bina Bangsa yang dilaksanakan pada 10 April 2018 s/d 14 Mai 2018. Sampel pada penelitian ini adalah 32 orang guru pada SMAS Bina Bangsa yang diambil seluruh populasinya. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik Penelitian Kepustakaan (Librari Reserch) dan Penelitian Lapangan (Field Research) yang mencakup Observasi dan Kuesioner (Angket). Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bahwa 1) Penerapan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) Pada SMAS Bina Bangsa sudah Baik. Dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 4.35 dengan tingkat termasuk kategori Baik. 2) Bahwa Tingkat Kedisiplinan Guru Dalam Menjalankan Tugas Keprofesian Pada SMAS Bina Bangsa sudah Sangat Baik. Dapat dilihat dari nilai rata-rata sebesar 4.33 dengan tingkat kategori termasuk kategori Sangat Baik. 3) Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di uraikan, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa Penerapan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Guru di SMAS Bina Bangsa sebesar 64,67 %, dengan adanya Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) maka akan sangat membantu dalam meningkatkan kedisiplinan Guru SMAS Bina Bangsa.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hayati Hayati
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:57
Last Modified: 18 Apr 2023 07:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27936

Actions (login required)

View Item
View Item