Pemanfaatan Legenda Aceh Sebagai Pembelajaran Nilai-Nilai Nasionalisme

hayati, 2002026804 (2023) Pemanfaatan Legenda Aceh Sebagai Pembelajaran Nilai-Nilai Nasionalisme. Jurnal Serambi Ilmu. Vol 24, No 1 (2023). P-ISSN: 1693-4849, E-ISSN : 2549-2306.

[thumbnail of Turnitin Jurnal : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai nasionalisme dalam legenda rakyat di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa teks kutipan legenda yang mengandu] Text (Turnitin Jurnal : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai nasionalisme dalam legenda rakyat di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa teks kutipan legenda yang mengandu)
Hayati - Pemanfaatan Legenda Aceh Sebagai Pembelajaran Nilai-Nilai Nasionalisme.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai nasionalisme dalam legenda rakyat di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa teks kutipan legenda yang mengandung nilai nasionalisme. Sumber data penelitian adalah 5 legenda rakyat yaitu legenda Batu Bertutup, Eumpee Buno, Mon Twi Patong, Amat Rhang Manyang dan Asal-Usul Gunung Tiga. Teknik pengumpulan data berupa rekaman dari informan kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dan dianalisis nilai nasionalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai nasionalisme dalam lima legenda rakyat tersebut. Nilai nasionalisme tersebut adalah (a) kesetiaan, (2) kesetiakawanan sosial, (3) kemandirian, (4) kerja keras, (5) Kontrol diri, (6) belas kasih, (7) mandiri, dan (8) kasih sayang.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hayati Hayati
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:56
Last Modified: 18 Apr 2023 07:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27942

Actions (login required)

View Item
View Item