Analisis Kesalahan Siswa MTs dalam Memecahkan Masalah Pecahan

Fadhillah Suci Pratama, 150205111 (2021) Analisis Kesalahan Siswa MTs dalam Memecahkan Masalah Pecahan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Memecahkan Masalah Pecahan] Text (Memecahkan Masalah Pecahan)
Fadhillah Suci Pratama, 150205111, FTK, PMA, 082361735937.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Analisis kesalahan adalah sebuah upaya penyelidikan terhadap suatu peristiwa penyimpangan untuk mencari tahu apa yang menyebabkan suatu peristiwa penyimpangan itu bisa terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek Penelitian terdiri atas 3 siswa dari 16 Siswa kelas VII MTsN 2 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Milles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian menggunakan soal tes yang masing-masing terdiri dari 6 soal. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa meliputi kesalahan konsep, operasi dan prinsip. Adapun penyebab kesalahan konsep siswa disebabkan oleh siswa salah dalam memahami soal sehingga menyebabkan keliru saat menjawab. Selain itu, belum mampu juga mengetahui informasi yang diberikan melalui gambar. Kemudian kesalahan operasi disebabkan siswa tidak menemukan selesaian dari permasalahan yang disajikan atau keliru dalam penyelesaiannya karena pemahamannya terhadap konsep operasi tersebut masih kurang. Selanjunya kesalahan penggunaan prinsip disebabkan siswa salah dalam penggunaan prinsip karna mereka lupa pada sebuah aturan yang telah ditetapkan. Sehingga hal ini menyebabkan siswa tidak dapat menggunakan prinsip tersebut untuk memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fadhillah Suci Pratama Suci
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:40
Last Modified: 10 Apr 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27944

Actions (login required)

View Item
View Item