Pengelolaan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie Jaya

Ahlul Fikri, 170802154 (2022) Pengelolaan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pencatatan Sipil] Text (Pencatatan Sipil)
Ahlul Fikri, 170802154, FISIP, IAn, 082294980137.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Administrasi Kependudukan adalah suatu rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, Pengelolaan Informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan Pembangunan sektor lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pengelolaan administrasi dan pemahaman pegawai terhadap pengelolaan administrasi, menganggap tugas-tugas di bagian pengelolaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie Jaya sering terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan administrasi dan pemahaman pegawai terhadap pengelolaan administrasi, menganggap tugas-tugas di bagian pengelolaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie Jaya sering terhambat. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan analisa dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah reduksi data, display data dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan administrasi kependudukan dan catatan sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie Jaya sampai saat ini kurang tertata dengan rapi. Pengelolaan administrasi sudah menggunakan pengelolaan administrasi secara elektronik Pemahaman pegawai terhadap pengelolaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sangatlah penting karena administrasi merupakan penggerak sebagai fungsi utama dari kantor dinas ini untuk mengambil keputusan, mengevaluasi kegiatan yang dilakukan. Administrasi yang sering terhambat yaitu pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) masyarakat, ini dikarenakan tidak tersedianya blangko, sehingga pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus mengeluarkan e-KTP terlebih dahulu kepada masyarakat yang berlaku selama enam bulan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengelolaan administrasi yang kurang rapi dan pemahaman pegawai masih rendah dalam mengelola administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ahlul Fikri Ahlul
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:59
Last Modified: 10 Apr 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27954

Actions (login required)

View Item
View Item