Upaya Pencegahan Tindak Pidana Penambangan Emas Ilegal Oleh Aparatur Kepolisian Menurut Undang-Undang No 3 Tahun 2020 Tentang Minerba Dan Hukum Islam (Studi Penelitian pada Polres Nagan Raya)

Rahmat Vesi Ikhwadi, 190104022 (2023) Upaya Pencegahan Tindak Pidana Penambangan Emas Ilegal Oleh Aparatur Kepolisian Menurut Undang-Undang No 3 Tahun 2020 Tentang Minerba Dan Hukum Islam (Studi Penelitian pada Polres Nagan Raya). Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Pencegahan Tindak Pidana Penambangan Emas Ilegal] Text (Upaya Pencegahan Tindak Pidana Penambangan Emas Ilegal)
Rahmat Vesi Ikhwadi, 190104022, FSH, HPI, 085359855681.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Keberadaan pelaku penambang emas ilegal di Kabupaten Nagan Raya terus terjadi hingga saat ini yang memberikan dampak buruk bagi lingkungan kehidupan masyarakat, padahal pemerintah telah melarangnya melalui Undang-Undang No 3 Tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pencegahan aparat kepolisian terhadap pelaku penambangan emas ilegal di Kabupaten Nagan Raya dan Untuk mengetahui faktor penghambatnya serta sanksi pidana terhadap penambangan emas ilegal menurut Undang-Undang Nomor 3 tahun 2020 dan Hukum pidana Islam. Penelitian ini menggunakan metode hukum empiris dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Informan penelitian terdiri dari pihak kepolisian, aparatur pemerintah kecamatan dan gampong serta pelaku penambang ilegal. Hasil penelitian diketahui bahwa upaya pencegahan terhadap pelaku penambangan emas ilegal di Kabupaten Nagan Raya dilakukan dengan mengadakan menyusun dan sosialisasi tentang peraturan-peraturan tindak pidana pertambangan ilegal, melakukan penegakan hukum, melakukan pengawasan kegiatan pertambangan hingga penutupan aktivitas pertambangan. Realisasi tindakan pencegahan tindak pidana penambangan emas ilegal oleh Polres Nagan Raya adalah dilakukan dalam bentuk tindakan Pre-emtif, preventif, represif Tingkat keberhasilan Polres Nagan Raya berupa penangkapan terhadap pelaku serta penyitaan berbagai fasilitas serta terjalinnya kerja sama dengan masyarakat dalam penanganan tindakan penambangan ilegal. Faktor penghambat aparat kepolisian dalam pencegahan pelaku penambangan emas ilegal ialah adanya perbedaan pandangan dikalangan kepolisian dengan masyarakat penambang, minimnya pemahaman masyarakat terhadap dampak kegiatan tambang pada lingkungan, minimnya koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan gampong terhadap kegiatan pertambangan, lokasinya yang jauh, adanya penjualan minyak secara ilegal dari pihak SPBU.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 345 Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Rahmat Vesi Ikhwadi Rahmat
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:08
Last Modified: 10 Apr 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27960

Actions (login required)

View Item
View Item