Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Peningkatan Usaha Nasabah Pada PT BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh

Erdi Saputra, 160603088 (2021) Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Peningkatan Usaha Nasabah Pada PT BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Peningkatan Usaha Nasabah Pada PT BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh] Text (Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Peningkatan Usaha Nasabah Pada PT BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh)
Erdi Saputra, 160603088, FEBI, PS, 081313070966.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pembiayaan Musyarakah kurang diminati oleh sebagian besar nasabah dibandingkan pembiayaan lain, karena tingkat risikonya tinggi, sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Peningkatan Usaha Nasabah Pada PT BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner dengan pengolahannya menggunakan SPSS 23. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis data model regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji parsial (uji-t) dan tingkat signifikansi 5%. Hasil uji secara parsial menujukkan bahwa variabel pembiayaan musyarakah berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan usaha nasabah pada PT BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh yaitu sebesar 0,845. Dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 74,7%, sedangkan sisanya 25,3% dipengaruhi oleh faktor variabel lain diluar model. Saran penulis agar membuat inovasi terbaru yang mudah dipahami tentang perihal akad musyarakah serta promosi dan sosialisasi agar masyarakat tertarik untuk mengajukan pembiayaan musyarakah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Erdi Saputra Erdi
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:14
Last Modified: 10 Apr 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27961

Actions (login required)

View Item
View Item