Integrasi Sistem Pendidikan Dayah melalui Sekolah dan Madrasah

Saifuddin, 281625743 (2022) Integrasi Sistem Pendidikan Dayah melalui Sekolah dan Madrasah. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Integrasi   Sistem   Pendidikan   Dayah melalui Sekolah dan Madrasah] Text (Integrasi Sistem Pendidikan Dayah melalui Sekolah dan Madrasah)
9. FULL DISERTASI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Dayah salafiyah hari ini telah banyak memiliki sekolah ataupun madrasah di dalamnya. Dayah salafiyah telah mengadopsi sistem pendidikan nasional, dengan sistem dan modelnya masing-masing. Pemikiran model integrasi dayah salafiyah melalui adanya sekolah dan masdarah menjadi fokus penelitian ini. Adapun subjek dayah yang dipilih yaitu dayah Darusa’adah Teupin Raya, yang memiliki sekolah SMA; Dayah Jeumala Amal, yang memiliki sistem madrasah, dan dayah Ummul Ayman yang memiliki sekolah berbasis kejuruan (SMK). Rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana bentuk integrasi sistem pendidikan dayah melalui sekolah dan madrasah? 2) Bagaimanakah persamaan dan perbedaan bentuk integrasi sistem pendidikan dayah? dan 3) Bagaimanakah implikasi masing-masing terhadap proses pembelajaran dan kualitas santri? Penelitian ini disebut penelitian kualitatif. Penulis mengambil data dengan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi pada tiga dayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan Pertama; bentuk integrasi sistem pendidikan dayah melalui SMA di Dayah Darussa’dah dilakukan dengan beberapa cara yaitu integrasi keilmuan, integrasi informal kurikulum, dan integrasi nilai-nilai akhlakul karimah. Bentuk integrasi pendidikan dayah melalui Dayah Jeumala Amal dilakukan integrasi korelasi keilmuan, integrasi ekstrakurikuler, dan integral-formal, dan integral holistik. Adapun integrasi pendidikan dayah Ummul Ayman 3 dengan SMK yaitu integrasi korelasi-informal, dan integrasi agama dengan kewirausahaan. Kedua, persamaan bentuk integrasi pendidikan dayah yaitu dayah Darussa’dah, dayah Jeumala Amal dan Dayah Ummul Ayman 3 terdapat kurikulum yang integratif, inter-korelasi pada waktu pembelajaran, dan orientasi dengan jurusan perguruan tinggi. Adapun perbedaannya terletak pada ideologi atau konsepsi pemikiran dasar pembentukan lembaga pendidikan. Ketiga, implikasi integrasi pendidikan dayah terhadap pembelajaran yaitu pengembangan kurikulum, implikasi pengembangan kompetensi santri; implikasi sainstifik sosial humaniora, dan implikasi terhadap kualitas santri yaitu berpengaruh pada kualitas akademik dan non akademik santri, serta memberi manfaat terhadap kualitas

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.341 Pesantren
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saifuddin Saifuddin
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:54
Last Modified: 10 Apr 2023 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27964

Actions (login required)

View Item
View Item