Sistem Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro

Safar Afandi, 041000469 (2015) Sistem Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Aceh  Syariah Cabang Pembantu Lambaro] Text (Sistem Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro)
Safar Afandi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro tempat penulis melakukan kerja praktik bertempat di Jl. Banda Aceh- Medan, km. 8,5, Lambaro, Banda Aceh. Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro merupakan salah satu bank pembiayaan rakyat syariah dimana dalam kegiatan atau usaha berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Bank Aceh Syariah ini memiliki beberapa produk, yaitu Deposito, Giro, dan Pembiayaan (Mudharabah, Murabahah, Musyarakah, dan Ijarah ). Tujuan penulisan laporan kerja praktik ini adalah untuk mengetahui prosedur pembiayaan mudharabah pada Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Lambaro. Penulis mengamati bahwa kebijakan yang diterapkan oleh Bank tersebut telah sesuai dengan SOP ( Standar Operasional Prosedur ). Kesimpulan yang dapat penulis simpulkan dalam prosedur pembiayaan mudharabah adalah setiap nasabah harus memenuhi semua persyaratan dan menganalisis usaha atau proyek yang akan dijalankan nasabah, dilanjutkan dengan dokumentasi jaminan calon nasabah, proses pembuatan MUP dan SPK oleh marketing, melakukan komite antara marketing dengan direktur, pembuatan akad pembiayaan oleh legal officer, kemudian dilanjutkan dengan pencairan pembiayaan nasabah oleh bagian teller. Sistem pemberian pembiayaan mudharabah pada saat ini telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip syariah, oleh karena itu untuk menjaga kepercayaan nasabah terhadap bank hendaknya lebih memperhatikan kembali untuk dapat meningkatkan tingkat kepuasan yang lebih, baik yang ingin mengajukan pembiayaan maupun nasabah yang ingin menabung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.242 Mudharabah (Bagi Hasil/Sirkah Modal dan Tenaga)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Safar Afandi
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:21
Last Modified: 11 Apr 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27966

Actions (login required)

View Item
View Item