Pengembangan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Entrepreneurship Berintegritas Pada Fakultas Agama Islam Di Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh

hayati, 2002026804 (2023) Pengembangan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Entrepreneurship Berintegritas Pada Fakultas Agama Islam Di Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Jurnal Visipena, Vol. 11, No. 1 (2020). Hal. 60-76. P-ISSN : 2086-1397. E-ISSN : 2502-6860.

[thumbnail of Turnitin jurnal : Pengembangan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Entrepreneurship Berintegritas Pada Fakultas Agama Islam Di Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh] Text (Turnitin jurnal : Pengembangan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Entrepreneurship Berintegritas Pada Fakultas Agama Islam Di Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh)
Hayati - PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI MELALUI KEGIATAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan sarana yang representatif dalam mengembangkan karakter mandiri melalui kegiatan entrepreneurshippada Fakultas Agama Islam di Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh karena perguruan tinggi dinilai mampu membentuk cikal bakal calon pemimpin bangsa. Penelitan ini bertujuan mengembangkan karakter mandiri melalui kegiatan entrepreneurshippada Fakultas Agama Islam di Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk mewujudkan lulusan perguruan tinggi yang memiliki integritas yang tinggi, memiliki jiwa mandiri, dan mampu menciptakan lapangan kerja baru. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama melakukan survey tentang pendekatan yang digunakan sebagai masukan dalam pengembangan metode pembelajaran entrepreneurship. Tahap kedua, dilakukan uji coba pengembangan pembelajaran entrepreneurshipdi lapangan dengan melibatkan mahasiswa dan dosen. Metode penelitian ini dengan menggunakan pendekatan mixed method. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi,dan observasi. Pada penelitian kuantitatif, peneliti menggunakan skala likert. Dari jumlah populasi sebanyak 130 mahasiswa Fakultas Agama Islam yang terdiri dari 4 program studi, peneliti mengambil sampel sebanyak 13 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 mahasiswa yang dilakukan uji coba dalam kegiatan entrepreneurship,hanya 2 orang mahasiswa yang berani membuka usaha mandiri. Kedua mahasiswa tersebut berasal dari jurusan PAI yakni T. Basyira yang membuka kafe dengan nama “Moment Caffee” di samping Kampus BBG Darussalam dan Muliani yang membuka warung kelontong di Ateuk Pahlawan. Keduanya mampu menyelesaikan kuliahnya tepat waktu sambil bekerja.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hayati Hayati
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:56
Last Modified: 18 Apr 2023 07:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27968

Actions (login required)

View Item
View Item