Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Perpustakaan Di Sman 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar

Rohema Yanti, 170206118 (2023) Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Perpustakaan Di Sman 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Perpustakaan Di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar] Text (Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Perpustakaan Di SMAN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar)
Rohema Yanti, 170206118, FTK, MPI, 083196683730.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Perpustakan sekolah adalah sebagai salah satu sarana media dalam dunia pendidikan. Keberadaan perpustakaan sangatlah penting bagi pserta didik untuk memperluas kempuan mmebaca, dan berkomunikasi. Perpustakaan sekolah merupakan pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi siswa dan guru di sekolah yang dapat membantu murid dan guru dalam proses belajar mengajar di sekolah. Adapun permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan perpustakaan disekolah masih kurangnya ketersediaan buku koleksi dan buku referensi di perpustakaan. Untuk mengembangkan perpustakaan sekolah selayaknya kepala sekolah harus mempersiapkan dana untuk mengatasi permasalahan dalam perpustakaan. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui perencanaan kepala sekolah dalam pengembangan perpustakaan di SMAN 1 Unggul Darul Imarah. 2) untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan koleksi, fasilitas perpustakaan sekolah di SMAN 1 Unggul Darul Imarah. 3) Untuk mengetahui hambatan kepala sekolah dalam mengimlementasikan kebijakan pengembangan perpustakaan di SMAN 1 Unggul Darul Imarah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan kepala perpustakaan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementai kebijakan kepala sekolah dalam pengembangan perpustakaan sekolah yaitu masih kurangnya buku koleksi, buku referensi, meja, kursi, WIFI dan komputer yang sering rusak, sehingga murid dan guru sulit untuk mencari buku sehingga terjadinya hambatan dalam proses belajar mengajar. Untuk mengatasi permasalahan ini sebaiknya kepala sekolah memberikan arahan dan melakukan kerja sama dengan tenaga perpustakaan untuk memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalaha penyediaan fasilitas perpustakaan yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rohema Yanti
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:34
Last Modified: 11 Apr 2023 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27985

Actions (login required)

View Item
View Item