Penerapan Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian.

Salsabila Juliatmi, 170209036 (2023) Penerapan Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian.] Text (Penerapan Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian.)
Salsabila Juliatmi, 170209036, FTK, PGMI, 082274011550.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Data awal yang diperoleh dari guru kelas III di MIN 27 Aceh Besar menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika masih tergolong rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menemukan sebuah metode yang dapat membantu peserta didik yaitu pembelajaran menggunakan metode jarimatika. Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perkalian”. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik pada materi perkalian yang diajarkan dengan menggunakan metode jarimatika lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional di MIN 27 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, setelah data penelitian terkumpul dilakukan uji normalitas yang menunjukkan semua data hasil belajar peserta didik berdistribusi normal karena memiliki nilai signifikan > 0,05. Kemudian dilakukan uji homogenitas menunjukkan data penelitian berasal dari populasi varians yang sama karena memiliki nilai signifikan > 0,05. Kriteria pengujian hipotesis yaitu Ha diterima jika nilai signifikan < 0,025 dan Ho diterima jika nilai signifikan > 0,025. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,025. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi perkalian yang diajarkan menggunakan metode jarimatika lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional di MIN 27 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salsabila Juliatmi
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:56
Last Modified: 11 Apr 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27986

Actions (login required)

View Item
View Item