Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMPN Se-Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara

Rizqi Julianda, 170201023 (2023) Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMPN Se-Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMPN Se-Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara] Text (Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMPN Se-Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara)
Rizqi Julianda, 170201023, FTK, PAI, 082132010836.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pembentukan karakter yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam berperan sangatlah penting disekolah. Karena Guru Pendidikan Agama Islam adalah guru yang profesional untuk dapat membentuk karakter siswa sesuai dengan syariat Islam. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam tersebut dalam pembentukan karakter siswa agar memberi dampak positif dan memberi perubahan pada sifat siswa yang tadinya kurang baik menjadi lebih baik, dan yang sebelumnya sudah baik menjadi lebih baik lagi. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Metode dan Pendekatan yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMPN Se- Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dan Faktor-Faktor yang mendukung dan menghambat pembentukan karakter siswa di SMPN Se- Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kehadiran peneliti dilapangan bertindak langsung sebagai instrumen lapangan dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata yang diambil dari para informan atau responden pada waktu peneliti melakukan wawancara dengan para guru Pendidikan Agama Islam Se- Kecamatan Tanjung Pura. Dengan kata lain data-data tersebut berupa keterangan dari para informan, sedang data tambahan berupa dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa adalah : Kerja sama dengan orang tua itu penting jadi bagaimana anak bisa mempunyai karakter yang bagus harus ada kerjasama guru Pendidikan Pendidikan Agama Islam dengan orangtua siswa dan lingkungan sekitarnya, dan tujuan kegiatan eskul memberikan gambaran bagaimana karakter siswa dibangun secara baik, dan yang diharapkan oleh guru agama itu siswa bisa mempunyai karakter yang baik dan pembiasaan untuk dirinya sehingga menjadi manusia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizqi Julianda
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:12
Last Modified: 11 Apr 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27997

Actions (login required)

View Item
View Item