Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Aceh di Kabupaten Pidie Jaya

Rifqi Saputra, 30183727 (2022) Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Aceh di Kabupaten Pidie Jaya. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Aceh di Kabupaten Pidie Jaya] Text (Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Aceh di Kabupaten Pidie Jaya)
Rifqi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Persaingan pada industri perbankan mengharuskan setiap bank harus mampu menyediakan layanan yang berkualitas bagi para nasabahnya. Seiring berkembangnya zaman, nasabah tidak lagi hanya mengukur kualitas bank berdasarkan produk-produk yang ditawarkan, melainkan seberapa bagus pelayanan yang diberikan. Kualitas Pelayanan yang baik tentunya sangat mempengaruhi kepuasan nasabah dalam bertransaksi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Aceh di Kabupaten Pidie Jaya. Tesis ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah objek sampel 100 nasabah yang diambil secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda sebagai teknik analisis data dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah sebesar 73%. Secara parsial ada empat variabel kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, yaitu: compliance sebesar 23,9%, assurance sebesar 24,5%, reliability sebesar 31%, dan tangible sebesar 19,8%. Sedangkan dua variabel kualitas pelayanan lainnya tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, yaitu: empathy dengan tingkat pengaruhnya hanya sebesar 3,8% dan responsiveness dengan tingkat pengaruhnya hanya sebesar 5,4%. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa empathy dan responsiveness yang diberikan Bank Aceh masih jauh dari harapan nasabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rifqi Saputra Rifqi
Date Deposited: 11 Apr 2023 05:03
Last Modified: 11 Apr 2023 05:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/27998

Actions (login required)

View Item
View Item