Kiprah Organisasi Islam Untuk Muslim Minoritas Di Asia Tenggara

Juhari Hasan, 2001076601 (2023) Kiprah Organisasi Islam Untuk Muslim Minoritas Di Asia Tenggara. Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Dakwah, Vol. 25 No. 2 Desember 2019, hal. 246-269. ISSN: 1411-5743 (Print), E-ISSN: 2549-16.

[thumbnail of Turnitin jurnal : Kiprah Organisasi Islam Untuk Muslim Minoritas Di Asia Tenggara] Text (Turnitin jurnal : Kiprah Organisasi Islam Untuk Muslim Minoritas Di Asia Tenggara)
JUHARI KIPRAH ORGANISASI ISLAM UNTUK MUSLIM MINORITAS DI ASIA TENGGARA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Akhir-akhir ini kondisi umat Islam secara umum tidak terlalu menggembirakan, baik ditinjau dari aspek ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi maupun sosial budaya. Belum lagi adanya perlakuan yang kurang menggembirakan – kalaupun tidak disebut diskriminatif – terhadap umat Islam yang terutama yang hidup di negara-negara minortas Muslim, seperti Muslim Uighur, Muslim Kashmir, Muslim Rohingya, dan lain-lain. Dalam kondisi seperti ini, umat Islam di berbagai belahan dunia idealnya dapat memberikan perhatian dan bantuan kepada saudaranya, akan tetapi tidak sedikit negara yang mayoritas berpenduduk muslim cenderung bersikap biasa saja. Menyikapi fenomena ini, maka studi kali ini mengungkap peran 2 (dua) organisasi Islam, yaitu Forum Silaturrahim Kemakmuran Masjid serantau (Forsimas) dan Farum Dakwah Perbatasan (FDP) yang eksis menjalankan program dakwah dan pengembangan masyarakat, baik di kalangan muslim minoritas maupun umat Islam yang hidup di daerah rawan aqidah. Kajian terhadap kedua organisasi ini memperlihatkan adanya keseriusan mereka dalam berdakwah secara ikhlas dan sukarela yang dilakukan dengan cara membangun jaringan ukhwah. Jaringan ini secara pelan tapi pasti telah membentuk jaringan antarbangsa dan antar profesi yang beragama. Berdakwah tidaklah mudah, akan tetapi bila dilakukan secara bersama-sama dengan semangat silaturrahim yang kuat dan dengan profesi yang berbeda maka akan melahirkan kekuatan besar dalam proses dakwah dan pembangunan umat.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 301 Sosiologi dan antropologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Juhari Juhari
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:01
Last Modified: 13 Apr 2023 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28018

Actions (login required)

View Item
View Item