Arah dan Model Pembinaan Muallaf Dewan Dakwah Aceh dan Forum Dakwah Perbatasan

Juhari Hasan, 2001076601 (2023) Arah dan Model Pembinaan Muallaf Dewan Dakwah Aceh dan Forum Dakwah Perbatasan. Jurnal Kalam: Jurnal Agama dan Humaniora, Vol. 9 No. 1 Juli 2021, hal. 13-26. ISSN: 2338-2341 (Print).

[thumbnail of Turnitin jurnal : Arah dan Model Pembinaan Muallaf Dewan Dakwah Aceh dan Forum Dakwah Perbatasan] Text (Turnitin jurnal : Arah dan Model Pembinaan Muallaf Dewan Dakwah Aceh dan Forum Dakwah Perbatasan)
JUHARI - ARAH DAN MODEL PEMBINAAN MUALLAF PADA ORGANISASI DEWAN DAKWAH ACEH DAN FORUM DAKWAH PERBATASAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari minimnya perhatian terhadap pembinaan kaum muallaf yang diberikan oleh banyak pihak, baik bersifat individu maupun organisasi. Dalam kondisi ini dijumpai ada dua organisasi Islam, yaitu Dewan Dakwah Islam Aceh (DDA) dan Forum Dakwah Perbatasan (FDP) yang serius memberikan perhatian terhadap pembinaan Muallaf, terutama mereka yang menjadi muslim sebagai bagian dari keberhasilan dakwah FDP dan DDA. Karena itu penelitian dilakukan di kedua organisasi Islam ini dengan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara,observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) arah pembinaan yang dilakukan, yaitu bina Agama, Bina Ekonomi dan Bina Pendidikan. Untuk melakukan pembinaan terhadap ketiga sisi tersebut, maka diperlukan model yang efektif. Berdasarkan data yang dikumpulkan menunjukkan ada 2 (dua) model pembinaan yang selama ini dilakukan banyak pihak, yaitu (1) Model Strukturalis, dan (2) model Kolaboratif. Dari kedua model ini, kolaboratif merupakan model yang dipraktikkan oleh FDP dan DDA dalam membina kaum muallaf baik melalui pendekatan personal, silaturrahmi maupun halaqah. Bila dikaitkan dengan teori Constructuralis karya Von Glasersfield maka pembinaan agama dan ekonomi dilakukan melalui proses pendidikan. Glasersfield menyimpulkan bahwa pendidikan memegang peran strategis dalam melakukan pemberdayaan masyarakat, khususnya para muallaf.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 301 Sosiologi dan antropologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Juhari Juhari
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:03
Last Modified: 13 Apr 2023 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28021

Actions (login required)

View Item
View Item