Strategi Dakwah Pada Masyarakat Terpencil Di Suka Dame Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Sumatera Utara

Juhari Hasan, 2001076601 (2023) Strategi Dakwah Pada Masyarakat Terpencil Di Suka Dame Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Jurnal Agama dan Humaniora, Volume 10 Nomor 2 Juli-Des 2022. ISSN: 2338-2341 (Print).

[thumbnail of Turnitin jurnal : Strategi Dakwah Pada Masyarakat Terpencil Di Suka Dame Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Sumatera Utara] Text (Turnitin jurnal : Strategi Dakwah Pada Masyarakat Terpencil Di Suka Dame Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Sumatera Utara)
JUHARI - Strategi Dakwah Pada Masyarakat Terpencil Di Suka Dame Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Sumatera Utara.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Di antara persoalan dakwah yang dihadapi masyarakat pedalaman di desa Suka Dame Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi adalah belum berkembangnya dakwah secara memadai baik dalam arti sempit seumpama ceramah maupun dalam arti luas seperti penguatan keagamaan, pendidikan maupun kemandirian ekonomi. Padahal dakwah merupakan kewajiban yang bersifat mengikat bagi setiap Muslim sesuai kemampuan dan strategi yang dimilikinya. Penelitian ini terfokus pada strategi dakwah yang dikembangkan oleh Forum Dakwah Perbatasan (FDP) di desa Suka Dame, yang merupakan sebuah desa terpencil di pedalaman Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Ketepatan strategi yang digunakan akan berpengaruh pada hasil dakwah yang dicapai. Strategi dakwah di perkotaan akan berbeda dengan strategi di pedesaan. Untuk dakwah di daerah pedesaan yang terpencil memerlukan strategi tersendiri yang bersifat kolaboratif antara kekuatan stuktural, kultural dan pelaku profesional. Ketiga elemen ini menjadi penting dan strategis untuk pelaksanaan dakwah di daerak terpencil.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 301 Sosiologi dan antropologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Juhari Juhari
Date Deposited: 13 Apr 2023 05:03
Last Modified: 13 Apr 2023 05:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28022

Actions (login required)

View Item
View Item