Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran PBL Dan Snowball Drilling Pada Matapelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Masjid Raya Aceh Besar

Rezki Akbar, 160212053 (2023) Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran PBL Dan Snowball Drilling Pada Matapelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Masjid Raya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran PBL Dan Snowball Drilling Pada Matapelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Masjid Raya Aceh Besar] Text (Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran PBL Dan Snowball Drilling Pada Matapelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Masjid Raya Aceh Besar)
Rezki Akbar, 160212053, FTK, PTI, 082157774825.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran problem based learning adalah memanfaatkan masalah dalam proses belajar mengajar yang akan diselesaikan oleh Peserta didik baik dalam bentuk kelompok maupun individu. Model snowball drilling digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cara cepat dan tepat baik secara kelompok maupun individu. Proses penyelesaian masalah dalam model pembelajaran ini yaitu secara bergiliran sejalan dengan gumpalan kertas tersebut digelindingkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Penelitian experiment dimana peneliti melakukan eksperimen atau percobaan terhadap kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah Matching pretest- post-test Control Grub Design dimana observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu diawal dan diakhir atau sering disebut pre-test dan post test. Pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah, rata-rata nilai pre-test adalah 43,5, sedangkan rata-rata post-test adalah
76,00. Peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari penerapan model pembelajaran snowball drilling dimana nilai pre-test 43,5 terjadi peningkatan dengan nilai rata – rata post-test 62,5. Perbedaan hasil belajar peserta didik diketahui dengan menggunakan statistik N-gain terdapat perbedaan yang signifikan hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning diperoleh nilai rata-rata N-gain 64,13 dan nilai rata –rata N-gain pada kelas eksperimen II yaitu 37,44. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dari penerapan kedua model pembelajaran dimana penerapan model pembelajaran problem based leraning lebih efektif dibandingnkan dengan model pembelajaran snowball drilling pada siswa kelas X Multimedia B SMK Negeri 1
Masjid Raya Aceh besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Rezki Akbar
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:47
Last Modified: 12 Apr 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28042

Actions (login required)

View Item
View Item