Peran Perempuan Pedagang Sayuran Dalam Mensejahterakaan Ekonomi Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Tinjauan Ekonomi Syariah (Studi di Pasar setui, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh)

Saufa Yarda Nataja, 190602110 (2023) Peran Perempuan Pedagang Sayuran Dalam Mensejahterakaan Ekonomi Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Tinjauan Ekonomi Syariah (Studi di Pasar setui, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Perempuan] Text (Peran Perempuan)
Saufa Yarda Nataja, 190602110, FEBI, ES, 082259640380.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Peran perempuan dalam dunia kerja telah memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan keluarga terutama di masa pandemi Covid-19. Sebab yang menjadi faktor utama perempuan ikut berpartisipasi dalam bekerja adalah kurang terpenuhinya kebutuhan ekonomi pada keluarga. Penelitian ini dilakukan di pasar Setui Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran perempuan pedagang sayuran di pasar Setui dalam mensejahterakan ekonomi keluarga terutama di masa pandemi Covid-19. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara pada 10 informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran perempuan pedagang sayuran dalam mensejahterakan ekonomi keluarga di masa pandemi Covid-19 adalah membantu kepala rumah tangga dalam hal meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Hal itu tidak bertentangan dengan ekonomi islam karena perempuan pedagang sayuran di pasar Setui telah memenuhi prinsip ekonomi islam yaitu, tauhid, keseimbangan dan kesejahteraan, kehendak bebas, dan tanggung jawab. Peran perempuan pedagang sayuran bekerja dibuktikan sesuai dengan prinsip ekonomi islam hal ini dapat dibuktikan dengan tujuan perempuan pedagang sayuran bekerja adalah bertujuan untuk mensejahterakan ekonomi keluarga dengan menjaga agama, menjaga keturunan, menjaga harta, dan menjaga akal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Saufa Yarda Nataja Saufa
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:56
Last Modified: 12 Apr 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28043

Actions (login required)

View Item
View Item