Analisis Program Pembangunan Rumah Bantuan TerhadapKesejahteraan Kaum Dhuafa Dalam Perspektif Maqashid Syariah (Studi Kasus Terhadap Masyarakat Desa Lampanah Kec. Indrapuri Kab. Aceh Besar)

Putri Zahirah, 190602021 (2023) Analisis Program Pembangunan Rumah Bantuan TerhadapKesejahteraan Kaum Dhuafa Dalam Perspektif Maqashid Syariah (Studi Kasus Terhadap Masyarakat Desa Lampanah Kec. Indrapuri Kab. Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Maqashid Syariah] Text (Maqashid Syariah)
Putri Zahirah, 190602021, FEBI, ES, 082369548546.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Program rumah bantuan merupakan salah satu program kebijakan Pemerintah Aceh yang disalurkan dalam rangka upaya pengentasan kemiskinan dan mensejahterakan kehidupan kaum dhuafa terutama di Desa Lampanah Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Pembangunan yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah ini dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan dengan berdasarkan pada kebutuhan maupun kepentingan masing-masing daerah yang menjadi fokus pembangunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari adanya program rumah bantuan terhadap kesejahteraan masyarakat dhuafa ditinjau dalam perspektif maqashid syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian library research dan field research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program pembangunan rumah bantuan desa sudah sejalan dengan Permensos RI No. 20 Tahun 2017 Tentang Rehabilitas Sosial Rumah Tak Layak Huni dan Sarana Prasarana Lingkungan. Selain itu, program pembangunan rumah bantuan ini juga sudah mampu mewujudkan kemashlahatan masyarakat dhuafa yang memenuhi pencapaian terhadap kelima aspek maqashid syariah yakni meliputi: Hifdzu Din (memelihara agama), Hifdzu Nafs (memelihara jiwa), Hifdzu Nasl (memelihara keturunan), Hifdzu ‘Aql (memelihara akal), dan Hifdzu Mal (memelihara harta).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Zahirah Putri
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:57
Last Modified: 12 Apr 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28044

Actions (login required)

View Item
View Item