Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Dengan Media Audio Visual Di Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya

Nabila Aulia, 180209032 (2023) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Dengan Media Audio Visual Di Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Dengan Media Audio Visual Di Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya] Text (Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Dengan Media Audio Visual Di Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya)
Nabila Aulia, 180209005, FTK, PGMI, 082259275344.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Minat belajar merupakan suatu keinginan dan kemampuan peserta didik dengan secara sadar jika ada motivasi dan mendorong dalam memperoleh aktivitas yang disukai sehingga memiliki keinginan dalam mencapai dengan senang hati. Berdasarkan hasil observasi MIN 14 Aceh Barat Daya peneliti menemukan permasalahan pada minat belajar saat pembelajaran tematik, yaitu sulit menyerap materi yang disampaikan oleh guru, rendahnya antusias peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dengan media audio visual animasi powerpoint untuk memotivasi dan mendorong peserta didik untuk belajar dengan bersungguh–sungguh dan giat, sehingga peserta didik memiliki minat belajar yang tinggi. Proses belajar mengajar akan lebih efektif dan konduksif ketika media audio visual digunakan untuk sebagai alat bantu materi pembelajaran yang dapat menyampaikan pesan atau informasi sehingga adanya minat belajar perserta didik untuk memperhatikan. Metode pada penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dimana menggunakan lembar observasi guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I adalah 73 % dengan katagori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi
92% dengan katagori baik sekali. aktivitas siswa pada siklus I adalah 72 % dengan katagori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan u menjadi 93% dengan katagori baik sekali. Sehingga minnat belajar di kelas IV MIN Aceh Barat Daya, nilai yang diperoleh dari keseluruhan pada siklus I nilai rata-rata adalah 61 % dan pada siklus II mengalami peningkatan dalam minat belajar menjadi 89%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nabila Aulia
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:42
Last Modified: 13 Apr 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28090

Actions (login required)

View Item
View Item