Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Kelas V MIS Lamgugob Kota Banda Aceh

Rahma Yani, 170209133 (2023) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Kelas V MIS Lamgugob Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Kelas V MIS Lamgugob Kota Banda Aceh] Text (Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Kelas V MIS Lamgugob Kota Banda Aceh)
Rahma Yani, 170209133, FTK, PGMI, 085351260248.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Peran adalah tingkah laku yang diharapkan oleh orang lain terhadap seseorang sesuai kedudukannya dalam suatu masyarakat. Guru adalah orang dewasa yang bertanggung jawab memberi bimbingan atau bantuan kepada siswa dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai kedewasaannya, mampu melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah, makhluk sosial dan sebagai individu yang sanggup berdiri sendiri. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada MIS Lamgugob diperoleh kurangnya motivasi dan minat belajar siswa kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dan kendalanya dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa kelas V MIS Lamgugob Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata bukan angka. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas V MIS Lamgugob sudah menjalankan perannya dengan sebaik mungkin. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar yaitu ketidakingintahuan siswa terhadap pembelajaran yang telah dipelajari, latar belakang dan lingkungan siswa yang tidak mendapatkan motivasi dari orang terdekat, mudah terpengaruh hal negatif, siswa tidak menganggap pentingnya belajar, orang tua yang marah ketika anaknya dihukum karena melanggar tata tertib yang diberlakukan sekolah, siswa tidak tertarik terhadap mata pelajaran yang dipelajari, minat dan motivasi yang diberikan oleh guru hanya bertahan beberapa waktu, latar belakang keluarga yang orang tuanya bercerai, dan kecanduan gadget.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahma Yani
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:55
Last Modified: 13 Apr 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28092

Actions (login required)

View Item
View Item