Pengaruh Tuanku Raja Keumala Dan Abu Lueng Ie Dalam Perkembangan Pendidikan Di Aceh Pada Abad XX

T. Almahzar, 160501017 (2023) Pengaruh Tuanku Raja Keumala Dan Abu Lueng Ie Dalam Perkembangan Pendidikan Di Aceh Pada Abad XX. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pengaruh Tuanku Raja Keumala Dan Abu Lueng Ie Dalam Perkembangan Pendidikan Di Aceh Pada Abad XX] Text (Pengaruh Tuanku Raja Keumala Dan Abu Lueng Ie Dalam Perkembangan Pendidikan Di Aceh Pada Abad XX)
T. Almahzar, 160501017, FAH, SKI 085360131198.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Tuanku Raja Keumala dan Abu Lueng Ie dalam Perkembangan Pendidikan di Aceh Pada Abad XX”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana riwayat hidup Tuanku Raja Keumala dan Abu Lueng Ie, dan pengaruh Tuanku Raja Keumala dan Abu Lueng Ie dalam perkembangan pendidikan di Aceh pada abad XX. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang riwayat hidup Tuanku Raja Keumala dan Abu Lueng Ie dan untuk mengetahui peran Tuanku Raja Keumala dan Abu Lueng Ie dalam perkembangan pendidikan di Aceh pada abad XX. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif (analisis). Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan cara studi pustaka, penelitian lapangan (wawancara, dan dokumentasi) dan analisis data. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Tuanku Raja Keumala yang memiliki nama asli Tuanku Musa bin Tuanku Hasyim Bangta Muda merupakan ulama yang berperan dalam mempelopori pembaharuan pendidikan di Aceh dan juga membangun Madrasah Al-Khairiyah di Mesjid Raya Baiturrahman pada tahun 1916 sampai tahun 1930 bertepatan dengan wafatnya beliau. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu Abu Lueng Ie yang memiliki nama asli Teuku Usman bin Teuku Muhammad Ali juga merupakan ulama yang berperan dalam pembangunan pendidikan dayah dan dayah tersebut dikenal dengan Dayah Darul Ulum Lueng Ie yang didirikan pada tahun 1958 dan masih ada hingga saat ini bertempat di Gampong Lueng Ie, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: T. Almahzar Mahzar
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:00
Last Modified: 13 Apr 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28093

Actions (login required)

View Item
View Item