Status Talak bagi Wanita Haid (Analisis Pendapat Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah)

Mursyid Djawas, 2017027702 (2017) Status Talak bagi Wanita Haid (Analisis Pendapat Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah). Islamic Family Law Department, Sharia and Law Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of Artikel Status Talak bagi Wanita Haid (Analisis Pendapat Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah)] Text (Artikel Status Talak bagi Wanita Haid (Analisis Pendapat Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah))
Status Talak bagi Wanita Haid (Analisis Pendapat Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Menurut Hukum Islam, talak sah apabila suami menceraikan istri pada saat istri dalam keadaan suci yang sebelumnya tidak digauli. Jika talak dijatuhkan saat istri dalam keadaan haid, menurut jumhur ulama, talak tetap sah. Namun menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, talak ketika haid tidak jatuh karena tidak sesuai dengan tuntunan syari’at. Terkait permasalahan tersebut, penelitian ini akan mengkaji bagaimana pandangan Ibnu Qayyim al-Jauziyyah tentang talak yang dijatuhkan kepada istri yang sedang haid dan bagaimana dalil dan metode istinbaṭ hukum yang dipakai oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam menetapkan status hukum talak terhadap istri yang haid. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, suami yang menalak istri ketika haid tidak disyariatkan, suami dianggap telah berdosa serta talak yang dijatuhkan tidak sah. Dalil dan metode istinbat hukum yang dipakai Ibnu Qayyim al-Jauziyyah adalah merujuk pada ketentuan yang terdapat dalam al-Quran, hadiṡ dan qiyaṣ yang menunjukkan adanya larangan terhadap talak ketika haid, dan dipandang tidak sah dan tertolak karena bukan bagian dari tuntunan Rasulullah.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.331 Talaq
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Mursyid Djawas
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:19
Last Modified: 14 Apr 2023 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28102

Actions (login required)

View Item
View Item