Mekanisme Perlindungan Kreditur Dari Penurunan Nilai Agunan Fidusia pada Pembiayaan Murabahah Perspektif Akad Rahn

Tajul Fuzari, 160102226 (2021) Mekanisme Perlindungan Kreditur Dari Penurunan Nilai Agunan Fidusia pada Pembiayaan Murabahah Perspektif Akad Rahn. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Mekanisme Perlindungan Kreditur Dari Penurunan Nilai Agunan Fidusia] Text (Mekanisme Perlindungan Kreditur Dari Penurunan Nilai Agunan Fidusia)
Tajul Fuzari, 160102226, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang mekanisme perlindungan kreditur dari penurunan nilai agunan fidusia pada pembiayaan murabahah perspektif akad rahn dalam sistem penjaminan yang dilakukan oleh PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk-bentuk perlindungan yang dijalankan dalam operasional bank terhadap penurunan nilai agunan fidusia yang merupakan masalah yang inheren sehingga berpotensi merugikan bank sebagai lembaga intermediary pengelola dana pihak ketiga. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode yang meneliti suatu kondisi, suatu pemikiran atau peristiwa pada masa sekarang ini, yang bertujuan untuk membuat deskriptif, gambaran atau lukisan secara sistematika, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Berdasarkan hasil penelitian ketentuan yang dijalankan oleh PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh telah sesuai dengan Fatwa DSN/MUI, dengan memberikan nilai pengikatan para pihak, proteksi kerugian, dan kewajiban para pihak antara nasabah dengan PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh, dalam tataran peraktik telah memenuhi konsep akad Rahn, penetapan perlindungan telah sesuai dengan, peraturan Bank Indonesia dan Kebijakan Otoritas Jasa Keuangan terutama Fatwa DSN/MUI tentang Rahn Tasjily sehingga dapat disimpulkan bahwa ketentuan yang dilaksanakan oleh PT. Bank Aceh Syariah Cabang Banda Aceh telah dapat mencover segala bentuk resiko dan telah sesuai dengan hukum islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Tajul Fuzari Tajul
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:41
Last Modified: 14 Apr 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28129

Actions (login required)

View Item
View Item