Pengaruh Produk, Digital Marketing dan Religiusitas Terhadap WakafTunai di Bank Syariah Indonesia Banda Aceh

Muhammad Hafidh, 180602157 (2022) Pengaruh Produk, Digital Marketing dan Religiusitas Terhadap WakafTunai di Bank Syariah Indonesia Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Digital Marketing] Text (Digital Marketing)
Muhammad Hafidh, 180602157, FEBI, ES, 081343196971.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Wakaf Tunai merupakan jenis inovasi harta wakaf yang fleksibel untuk dikembangkan dan dikelola dalam sektor riil maupun sektor keuangan. Sebagian besar umat islam dapat dengan mudah berkontribusi bagi perkembangan perekonomian umat dengan melakukan wakaf tunai. Namun realisasi wakaf tunai yang terkumpul di Indonesia masih jauh dibandingkan potensinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana produk, digital marketing dan religiusitas memberikan pengaruh terhadap peningkatan wakaf tunai di Bank Syariah Indonesia Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia cabang Banda Aceh dengan jumlah responden sebanyak 105 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh produk, digital marketing dan Religiusitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan wakaf tunai. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar terhadap wakaf uang baik secara parsial maupun simultan adalah pengetahuan agama dan akses media informasi. Sedangkan keterlibatan dalam organisasi sosial/keagamaan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Hafidh Hafidh
Date Deposited: 30 May 2023 02:32
Last Modified: 30 May 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28133

Actions (login required)

View Item
View Item