Kafā’ah Dalam Perkawinan Menurut Fiqh Syāfi’iyyah (Analisis Terhadap Pemahaman Dan Praktik Masyarakat Kabupaten Pidie)

Afrizal, 28162600 (2023) Kafā’ah Dalam Perkawinan Menurut Fiqh Syāfi’iyyah (Analisis Terhadap Pemahaman Dan Praktik Masyarakat Kabupaten Pidie). Doctoral thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana S3 Fikih Modern (Hukum Islam).

[thumbnail of Kafā’ah Dalam Perkawinan Menurut Fiqh Syāfi’iyyah (Analisis Terhadap Pemahaman Dan Praktik Masyarakat Kabupaten Pidie)] Text (Kafā’ah Dalam Perkawinan Menurut Fiqh Syāfi’iyyah (Analisis Terhadap Pemahaman Dan Praktik Masyarakat Kabupaten Pidie))
Afrizal, 28162600, S3 Fikih Modern.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat Kabupaten Pidie sebenarnya dalam perkawinan sudah mengerti dan memahami yaitu memberi makna bahwa kafā’ah adalah sekufu, seimbang, dan sederajat, namun sebagian masyarakat menganggap bahwa kafā’ah bukan perkara yang serius untuk diperhatikan, karena kafā’ah tidak termasuk dalam syarat sah nikah. Selain itu, dengan perubahan sosial kehidupan masyarakat, maka lahirlah beberapa kriteria kafā’ah di luar fiqh syāfi‘iyyah, seperti perkawinan teuku dengan cut, perkawinan teungku dengan santriwatiatau teungku dengan anak perempuan teungku.Nampaklah pemahaman dan praktik masyarakat Kabupaten Pidie belum konsisten dan maksimal menurut fiqh syāfi‘iyyah dibandingkan perkara-perkara amalan ibadah, munakahat, dan muamalah yang lebih serius dipelajari dan dipahami oleh masyarakat. Berdasarkan tersebut, maka menjadi starting poin konsistensi masyarakat dalam mengamalkan kafā’ah dalam perkawinan menurut fiqh syāfī’iyyah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merekonsepsi pemahaman dan praktik masyarakat Kabupaten Pidie tentang kafā’ah dalam perkawinan menurut fiqh syāfi’iyyah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitiannya dilakukan di Kabupaten Pidie, peneliti hanya membatasi tujuh kecamatan dari 23 Kecamatan. Sumber data primer berupa data yang diperoleh dari hasil wawancara

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Fikih Modern (Hukum Islam)
Depositing User: Afrizal Rizal
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:29
Last Modified: 14 Apr 2023 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28138

Actions (login required)

View Item
View Item