Studi Relevansi Implementasi Kurikulum dengan SKKNI di SMKN Provinsi Aceh

Gunawan Iqbal, 160211047 (2021) Studi Relevansi Implementasi Kurikulum dengan SKKNI di SMKN Provinsi Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Kurikulum] Text (Implementasi Kurikulum)
Gunawan Iqbal, 160211047, FTK, PTE, 082214097078.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, sedangkan SKKNI adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil relevansi implementasi kurikulum dengan SKKNI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan lembar angket yang dibagikan kepada Guru Teknik Instalasi Tenaga Listrik . Setelah peneliti melakukan pembagian angket didapat hasil yaitu SMK N 2 Banda Aceh telah melaksanakan atau mengajarkan kompetensi yang terdapat pada kurikulum teknik instalasi tenaga listrik dan tingkat relevansinya dengan standar kompetensi kerja nasional indonesia (SKKNI) dengan sangat baik atau sangat relevan, dan SMK N Darul Kamal telah melaksanakan atau mengajarkan kompetensi yang terdapat pada kurikulum teknik instalasi tenaga listrik dengan sangat baik dimana implementasi kurikulum SMK N Darul Kamal sangat relevan dengan SKKNI. Sedangkan, SMK N 2 Meulaboh telah melaksanakan atau mengajarkan kompetensi yang terdapat pada kurikulum teknik instalasi tenaga listrik dan tingkat relevansinya dengan SKKNI sangat relevan artinya implementasi kurikulum di SMK N 2 Meulaboh sudah sangat baik atau sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Gunawan Iqbal
Date Deposited: 18 Apr 2023 01:47
Last Modified: 18 Apr 2023 01:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28151

Actions (login required)

View Item
View Item