Pelaksanaan Syariat Islam Di Aceh Sebagai Otonomi Khusus Yang Asimetris (Sejarah Dan Perjuangan)

EMK. Alidar, 2026067404, ed. (2023) Pelaksanaan Syariat Islam Di Aceh Sebagai Otonomi Khusus Yang Asimetris (Sejarah Dan Perjuangan). Dinas Syariat Islam Aceh, Banda Aceh. ISBN 978-602-58950-5-0

[thumbnail of Berisi tentang Pelaksanaan Syariat Islam Di Aceh Sebagai Otonomi Khusus Yang Asimetris] Text (Berisi tentang Pelaksanaan Syariat Islam Di Aceh Sebagai Otonomi Khusus Yang Asimetris)
8. Editor buku Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh sbg Otonomi khsusus_2020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

otonomi khusus dan keistimewaan yang diberikan kepada Aceh bersifat asimetris, dan sebelum itu tidak ada pengalaman praktis mengenainya, maka apa yang diberikan kepada Aceh dapat dianggap sebagai sebuah kebijakan yang bersifat percobaan, dalam arti belum mendapat bentuk yang ideal. Dengan kata lain masih perlu dijelaskan dan perlu disingkronkan dengan berbagai prturan yang ada. Mengenai hal ini insya Allah akan penulis jelaskan dalm buk yang lain, mengenai keistimewaan dan otonomi Aceh yang berisfat asimetris, telaah atas konsep dan kewenangan. pengakuan konstitusi mengenai otonomi daerah yang luas bahkan otonomi khusus dan keistimewaan, menjadikan hukum tata pemerintahan di Indonesia tidak lagi seragam. Keadaan ini membuka peluang untuk munculnya sejarah lokal yang relatif akan berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Mengnai hal ini mungkin Aceh merupakan salah satu daerah yang ada di garis depan, karena seperti terlihat Aceh sudah berusaha sejak dari awal kemedekaan memperjuangkan identitas diri berdasarakan Islam. Aceh sudah berusaha agar kesadaran budaya ke-Acehan yang melekat kuat dengan Islam, dapat diakomodir secara baik dalam NKRI. Perjuangan ini seperti terlihat, pada kahirnya disahuti setelah Indonesia berusia lebih dari setengah abad. Tetapi karena capaian ini—seperti telah diuraikan di atas, tidak mempunyai preseden,maka untuk membuktikan bahwa langkah ini berkembang ke arah yang positif dan tetap diberi kesempatan untuk berkembang secara wajar oleh Pemerintah Pusat, tentu perjalanan waktulah yang akan menentukannya.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Emk. Alidar
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:53
Last Modified: 17 Apr 2023 04:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28170

Actions (login required)

View Item
View Item