Turnitin Sistem Pendidikan Di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar

Saiful, 2006097205 (2023) Turnitin Sistem Pendidikan Di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar. AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Vol.1, No.1, April 2021.

[thumbnail of Sistem Pendidikan di Ma'had Daruut Tahfizh] Text (Sistem Pendidikan di Ma'had Daruut Tahfizh)
09. TURNITIN-Sistem Pendidikan Di Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas merupakan lembaga pendidikan yang mendidik para santri mampu menghafal Al-Qur’an 30 Juz dan menguasai ilmu agama Islam secara mendalam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) sistem pembelajaran pada Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar, (2) upaya ustazh & guru dalam meningkatkan pembelajaran pada Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar, dan (3) faktor keberhasilan dan penghambat pelaksanaan pembelajaran pada Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi pada Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar. Adapun hasil penelitian yaitu (a) Sistem pembelajaran pada Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar yaitu memadukan antara kurikulum
pesantren dengan kurikulum Kemenag. (b) Upaya peningkatan pembelajaran pada Ma’had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar meliputi aspek kebijakan, kepemimpinan, fasilitas pendidikan dan pelaksanaan proses pembelajaran. (c) Faktor keberhasilan dan penghambat. Faktor keberhasilan yaitu jasmani-rohani, motivasi santri, kondisi lingkungan, dan kedisiplinan guru. Faktor penghambat yaitu santri lalai dan tidak istiqamah, santri banyak melakukan pelanggaran, kesehatan santri, lemahnya ingatan dan tidak konsisten dengan satu Mushaf, dan tidak fokus pada pelajaran tahfizh, kualitas guru, kemampuan ekonomi, dan pengaruh lingkungan.
Kata kunci: Sistem Pendidikan, Faktor Keberhasilan dan Penghambat

Abstract: Ma'had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas is an educational institution that educates students to be able to memorize the Qur'an 30 Juz and master the science of Islam in depth. The purpose of this study were (1) to determine the learning system in Ma'had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar, (2) To know the effort ustazh and teachers to improve learning in Ma'had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar, and (3 ) To determine the success factors and obstacles to implementation of the Ma'had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar. This study uses field research (field research) that are qualitative technique of collecting data through observation, interviews, and documentation on Daarut Ma'had Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar. The research results are: (a) learning system in Ma'had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar that combine curriculum with the curriculum MORA schools. (B) Efforts to improve learning in Ma'had Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar covering aspects of policy, leadership, education and implementation of the learning process. (c) Success factors and barriers. Success factors are physical-spiritual, student motivation, environmental conditions, and teacher discipline. The hindering factors are students being negligent and not istiqamah, students committing many violations, students' health, poor memory and inconsistency with one Mushaf, and not focusing on tahfizh lessons, teacher quality, economic ability, and environmental influences.
Keywords: Education System, Success Factors and Barriers

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saiful Saiful
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:02
Last Modified: 17 Apr 2023 04:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28186

Actions (login required)

View Item
View Item