Turnitin Rekonstruksi Pendidikan Anak Berbasis Karakter Di Era Digital

Saiful, 2006097205 (2023) Turnitin Rekonstruksi Pendidikan Anak Berbasis Karakter Di Era Digital. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, Vol.8, No.1, April 2021.

[thumbnail of Rekonstruksi Pendidikan Anak Berbasis Karakter Di Era Digital] Text (Rekonstruksi Pendidikan Anak Berbasis Karakter Di Era Digital)
04. TURNITIN-Rekonstruksi Pendidikan Anak di Era Digital.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital semakin cepat dan berdampak pada berbagai aspek kehidupan, tak ketinggalan aspek pendidikan, di mana proses pembelajaran menggunakan media online (internet) sehingga sangat membantu proses pembelajaran. Sebaliknya, kehadiran teknologi di era digital menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua dalam mendidik dan mengontrol anaknya agar tidak mengakses konten-konten yang tidak baik. Demikian juga, guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengontrol peserta didik agar terhindar dari dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pendidikan karakter di era digital dan rekonstruksi pendidikan anak berbasis karakter di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) untuk mendapatkan teori, dan konsep berkaitan dengan pendidikan karakter di era digital dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Rekonstruksi pendidikan karakter di era digital meliputi (a) Pembenahan kurikulum pendidikan berbasis karakter; (b) Sasaran pendidikan karakter meliputi pengetahuan tentang moral, perasaan tentang moral, dan tindakan tentang moral; (c) Metode pendidikan, di mana guru memiliki suri teladan yang baik dan mampu menggunakan media digital dengan baik; dan (d) Internalisasi nilai karakter dalam budaya sekolah melalui pembiasaan berbuat baik dan bermanfaat.
Kata Kunci: Rekonstruksi, Pendidikan, Karakter

The development of technology in the digital era is getting faster and has an impact on various aspects of life, do not miss the educational aspect, in which the learning process uses online media (internet) so it greatly assist the proses of learning. Conversely, the presence of technology in the digital era raises concerns for parents in educating and controlling their children so they do not access bad content. Likewise, teachers have a big responsibility in controlling students in order to avoid negative impacts. The objectives of this study are to find out the impact of the character education in digital era and to find out the reconstruction of character-based children's education in the digital era. This study uses the library research method to obtain theories and concepts related to character education in the digital era using a descriptive qualitative approach.Reconstruction of character education in the digital era includes (a) revamping the character-based education curriculum; (b) The target of character education includes knowledge of morals, feelings about morals, and actions about morals; (c) Educational methods, in which teachers have good role models and are able to use digital media well; and (d) Internalization of character values in school culture through the habit of doing good and useful.
Keywords: Reconstruction, Education, Character

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saiful Saiful
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:52
Last Modified: 17 Apr 2023 05:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28192

Actions (login required)

View Item
View Item