Pemanfaatan Media Sosial Humas Dinas Perhubungan Aceh dalam Menyebarkan Informasi Publik

Muarrief Rahmat, 211007008 (2022) Pemanfaatan Media Sosial Humas Dinas Perhubungan Aceh dalam Menyebarkan Informasi Publik. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan  Media  Sosial  Humas  Dinas Perhubungan Aceh dalam Menyebarkan Informasi Publik] Text (Pemanfaatan Media Sosial Humas Dinas Perhubungan Aceh dalam Menyebarkan Informasi Publik)
Muarrief Rahmat, 211007008, PPS, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini guna melihat kemampuan Humas Dinas Perhubungan Aceh dalam memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi publik. Media sosial Humas Dinas Perhubungan Aceh telah menjadi acuan instansi lain terkait pemanfaatannya sehingga menciptakan citra positif instansi. Ditandai oleh semakin bertambah pengikut dan aktifnya interaksi pengelola media sosial dengan warganet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial yang dilakukan oleh Humas Dinas Perhubungan Aceh dan strategi dalam memanfaatkan media sosial. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan analisis teori komunikasi Harold D. Laswell. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam sebanyak enam orang informan kategori purpose sampling, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Humas Dinas Perhubungan Aceh memanfaatkan facebook, instagram, twitter, tiktok, dan youtube untuk menyebarkan informasi berkenaan dengan transportasi darat, laut, dan udara dikemas melalui desain grafis, video, foto, dan berita. Strategi pemanfaatan media sosial diawali dengan perencanaan publikasi menggunakan trello, publikasi interaktif dengan pengguna media sosial serta evaluasi publikasi menggunakan aplikasi icono. Kesimpulan penelitian menunjukkan Humas Dinas Perhubungan Aceh mengunakan komunikasi interaktif dengan pendekatan persuasif serta Humas Dinas Perhubungan Aceh sudah efektif memanfaatkan media sosial berdasarkan analisis teori Harold D. Laswell.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muarrief Rahmat Muarrif
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:45
Last Modified: 17 Apr 2023 04:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28227

Actions (login required)

View Item
View Item